Posted by: tecnosolutio | January 16, 2009

Seri 4 Minuman Yang Menyehatkan


minuman-sehat-1Biasanya, 70% berat manusia adalah berat karena air. Jadi, pada seorang yang beratnya 90 kg, di tubuhnya terdapat 63 kg air. Air sangat perlu untuk setiap bagian tubuh. Hampir semua sel dan jaringan bukan hanya mengandung air tetapi masing-masing secara terus menerus diliputi oleh cairan. Tiap sel tubuh membutuhkan air untuk melaksanakan fungsinya. Tidak ada pengganti dari jenis minuman lain yang memberikan pengaruh yang sama seperti segelas air yang sejuk dan bersih.

Apakah beberapa pengganti yang popular yang kita minum menggantikan air di satu gelas yang besar ?

- Sirup atau minuman ringan yang mengandung banyak gula

- Minuman yang mengandung kafein sebagai perangsang

- Coca Cola (40 mg kafein)

- Pepsi Cola (36 mg kafein)

- Teh (100 mg kafein)

- Kopi (120 mg kafein)

- Kopi “Tanpa Kafein” (18 mg kafein)

Alkohol dengan pengaruhnya yang singkat untuk memberikan perasaan yang “enak” sebenarnya memberikan pengaruh yang “memblokir” otak bagian depan, yang mengendalikan otak, kuasa berpikir, ingatan dan pertimbangan. Pengaruh jangka panjangnya ialah kerusakan otak yang tidak dapat diganti, radang/kanker hari, pancreas, dll.

Pengaruh sosial ialah ketidaksanggupan untuk memelihara hubungan yang intim, terisolasi secara sosial, perubahan sahabat dan pola hidup, dan kehilangan semangat hidup. Sindrom (gejala) alkohol pada janin yang mengakibatkan kelainan fisik dan mental pada masa pertumbuhan janin disebabkan ibu yang minum minuman keras selama masa kehamilan.

Tanpa air dalam tubuh, anda tidak bisa menelan. Anda tidak bisa menggunakan oksigen yang anda hirup karena paru-paru perlu dibasahi agar oksigen bisa melewatinya menuju ke saluran darah. Kita akan sulit berbicara dengan lidah kita dan otot pipi kita tidak bisa secara sempurna bergerak seperlunya untuk membentuk kata-kata kita. Penglihatan kita akan berpengaruh jika sesuatu mengganggu produksi “air mata” atau selaput air yang melapisi mata kita jika kita berkedip. Tanpa pembasahan ini, mata kita akan kering dan meradang, sangat sakit, sulit membukanya dan akhirnya penglihatan kita akan hilang.

Berapa banyak air yang kita butuhkan ?

Pengeluaran air dari tubuh kita haruslah seimbang dengan pemasukan air.

Pengeluaran

Gelas/hari

Ginjal

51/2

Kulit

2

Paru-paru

1

Kotoran

11/2

Total :

10

Perlukah kita minum sebanyak itu untuk mengimbangi keluarnya air itu ? Tidak. Tubuh membakar dan memproses makanan untuk memberikan tenaga dan air adalah salah satu yang dihasilkannya.

Berikut ini adalah jumlah air yang diperoleh dari metabolisme tubuh

Pengeluaran

Gelas/hari

Air pada makanan yang dimakan

31/2

Air pada makanan yang diproses tubuh

1

Air yang diminum

51/2

Total :

10

Tubuh anda memproses persediaan sampai 41/2 gelas air, jadi anda perlu minum 51/2 gelas air setiap hari. Namun, seorang yang aktif bisa minum lebih banyak untuk mengganti yang hilang melalui keringat atau pada waktu udara panas. Pedoman yang sangat praktis untuk minum air ialah meminum air sepanjang hari, sampai air kencing yang keluar jernih atau berwarna kuning yang sangat pucat.

Terlalu sedikit air mengakibatkan dehidrasi. Terlalu banyak air akan menyebabkan berkurangnya konsentrasi serum sodium (dilusi hyponatremia). Orang akan menjadi sangat malas/lesu karena delusi hyponatremia ini. Karena itu penting untuk bertarak walaupun dalam hal meminum air.

Penggunaan Air :

1. Mengendalikan suhu badan. Air memungkinkan tubuh mendinginkan dirinya sendiri melalui penguapan pada kulit – keringat, sehingga mencegah bahaya panas dalam.

2. Juga sebagai pelumas. Air liur membasahi makanan yang kita makan, membantu kita mengunyah dan menelan. Jika permukaan mata anda tidak disirami dengan cairan, itu akan kering dan meradang.

3. Mengurangi dehidrasi. Air menyirami sel darah secara terus menerus.

4. Mengurangi stress pada sistem sirkulasi (peredaran) dengan menjaga darah dalam keadaan yang tetap seperti biasanya.

5. Kotoran tubuh keluar melalui air kencing, keringat, dll.

6. Air perlu untuk keseimbangan elektrolit di dalam darah kita.

Berikut ini “resep” dalam menggunakan air :

· Minum 2 gelas sesaat setelah bangun pagi

· Minum 2-3 gelas antara sarapan pagi dan makan siang

· Minum 2-3 gelas antara makan siang dan makan malam

· Minum 1-2 jam setelah makan dan 10-15 menit sebelum waktu makan

· Hindari minum air, terutama yang dingin, sementara makan

· Minuman hangat harus digunakan dengan hati-hati

Di ujung bagian bawah perut anda terdapat katup pyloric. Sebenarnya itu bukan katup tetapi otot yang berkontraksi. Jika anda minum air sementara makan, itu mengeluarkan cairan gastric/perut yang memperlambat pencernaan. Kemudian makanan keluar dari perut, melewati katup pyloric masuk ke dalam usus besar sebelum kegiatan cairan perut itu selesai. Oleh karena enzim perut terus mencerna hanya dengan media asam, kegiatannya perlahan-lahan berhenti setelah memasuki usus kecil di mana kondisi alkalin terjadi.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimum, penting juga menghindari cairan yang dingin dan yang panas. Para ahli kimia menekankan bahwa enzim yang terlibat dalam proses pencernaan berfungsi secara maksimal pada suhu badan yang normal. Setiap suhu yang di atas atau di bawah ini akan mengakibatkan berkurangnya kadar pencernaan. Juga diketahui bahwa keluarnya air liur dan cairan yang berlebihan memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk pencernaan.

Perawatan dengan air atau hidroterapi

Air baik juga digunakan untuk tubuh sebelah luar. Hidroterapi atau perawatan dengan air adalah satu dari alat Allah yang paling bermanfaat dalam merangsang dan mengatur kegiatan tubuh tanpa mengakibatkan pengaruh yang tidak diperlukan. Hidroterapi mempercepat bukannya menghalangi mekanisme pertahanan alamiah dari tubuh. Jika dilakukan dengan benar, akan membantu tubuh untuk membuang infeksi dan mengurangi pengaruh infeksi dan menyembuhkan beberapa gejala penyakit.

Hasil guna dari hidroterapi

Bagian tubuh yang menjadi tempat perawatan hidroterapi ialah kulit, oleh karena di situ terdapat saluran-saluran darah dan saraf yang berhubungan dengan saraf dan saluran darah ke organ-organ tubuh bagian dalam. Penerapan suhu dan mekanisme dari air ke kulit menyebabkan gerakan yang berkesinambungan atau mengalirnya darah. Rangsangan sistem saraf ini bisa mempengaruhi hampir semua bagian tubuh yang seorang pilih.

Manfaat Hidroterapi

þ Sirkulasi dipercepat sampai 400%

þ Sirkulasi darah diperbaiki

þ Bertambahnya sel darah merah

þ Bertambahnya sel darah putih

þ Bertambahnya hemoglobin

þ Bertambahnya pengoksidasian darah yang menolong PH darah itu imbang, sehingga membakar sisa-sisa makanan dengan baik

þ Memulihkan kelelahan otot

þ Membantu pencernaan

þ Memulihkan sumbatan-sumbatan

þ Mengurangi radang

þ Alat stimulasi dan penenang (alat membuat suasana hati alami orang yang meninggi dan menurun)

þ Memulihkan kelelahan otot

þ Menyenangkan dan murah

Cara perawatan hidroterapi

Ada dua macam pengaruh yang dihasilkan pada tubuh oleh hidroterapi ini :

1. Merangsang dan obat kuat

2. Menekan dan meredakan

Pengaruh merangsang dan sebagai obat kuat keduanya berhubungan dengan meningkatnya aktivitas yang sangat perlu. Kedua hal ini sama, tetapi berbeda dalam derajatnya. Pengaruh stimulan ini lebih besar dari obat kuat. Suatu perawatan yang singkat dan kuat akan merangsang sedangkan yang kurang kuat dan lebih lama bisa memberikan pengaruh sebagai obat kuat. Di lain pihak, pengaruh sebagai penekan dan pereda adalah berkurangnya kegiatan tetapi juga bisa membuat bertambahnya kegiatan.

Hidroterapi setiap hari

Hidroterapi yang digunakan secara teratur bisa menolong sistem kekebalan seseorang dan penolakan yang kuat terhadap penyakitnya. Mandi dengan siraman dus (pancuran atas) adalah yang paling ampuh dan terbaik dari semua cara obat kuat lainnya. Mulailah mandi siram anda dengan suhu sedang/netral (kira-kira 36 derajat celcius). Setelah mandi, tingkatkan suhu panas yang anda bisa toleransi sekitar 48-50 derajat celcius untuk 1-2 menit. Lalu kurangi suhu sampai dingin (16-18 derajat celcius) untuk 20-40 detik. Gosoklah dengan cepat badan anda dengan handuk dan keringkan. Perawatan yang merangsang ini bukan hanya membangunkan anda tetapi menolong anda tetap kuat sepanjang hari.

Hidroterapi juga bermanfaat dilakukan malam hari sebelum tidur. Jika anda ingin santai dan nyaman, mandilah dengan air suam-suam kuku. Suhu air suam kuku ini ialah agak hangat, jangan panas ! Itu membuat anda nyaman dan menurunkan suhu badan. Itu menolong membuat suhu badan anda turun sedikit sebelum anda pergi tidur.

Air adalah salah satu berkat surgawi yang nyata karena itu memang berasal dari atas ! Kita tahu betapa pentingnya minum air secukupnya dan juga betapa itu sangat menolong untuk digunakan di tubuh sebelah luar juga. Air murni tidak mengandung kalori, tanpa vitamin atau mineral, jadi itu bukanlah zat bergizi, tetapi sangat penting untuk hidup. Kita bersyukur kepada Allah atas pemberian air yang sangat mudah dan berlimpah yang ia sediakan bagi kita untuk kita gunakan setiap hari.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: