Posted by: retarigan | September 14, 2013

“State of The Art”


Saya ingin sharing mengenai pengalaman membimbing mahasiswa S1. Pernah ada satu periode di mana dalam beberapa hari terakhir  topik yang banyak ditanyakan mahasiswa pada saya adalah tentang “STATE OF THE ART”, ada berbagai macam versi pertanyaan:

“Pak, State of the art itu apa?”

“Pak, Proposal saya sudah punya state of the art, belum?”

“Pak, kalo saya pake topik ini ada state of the art-nya, ndak?”

“Pak, kalo penelitian saya seperti paper ini, apa sudah bisa disebut state of the art?” (Sambil nujukin paper-nya).

Masih banyak pertanyaan lain tentang state of the art, dan repotnya ternyata state of the art masih menjadi barang langka bagi mahasiswa. setiap mahasiswa nanya, saya harus jelasin. Iya kalo yang nanya cuma 3 ato 4 orang, tetapi ini yang nanya bisa belasan setiap harinya.

Sebenarnya apa sih state of the art (SOTA) dalam penelitian itu? Saya ambil pengertian bebas dari wikipedia: The state of the art is the highest level of development, as of a device, technique, or scientific field, achieved at a particular time. It also applies to the level of development (as of a device, procedure, process, technique, or science) reached at any particular time usually as a result of modern methods.

Dari pengertian di atas, intinya SOTA adalah pencapaian paling tinggi dari sebuah proses pengembangan (bisa berupa device, prosedur, proses, teknik atau sains), dalam hubungannya dengan penelitian mahasiswa. Sebuah proposal atau hasil penelitian yang mempunyai SOTA adalah hasil penelitian itu bisa menjadi pencapaian paling tinggi dalam masalah yang akan diselesaikan. Bisa itu merupakan hasil penelitian yang menggunakan metode paling baru, alat paling baru, atau metode yang paling canggih yang bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam penelitian. Tentu saja masih dalam koridor bahwa penelitian ini belum pernah dilakukan sebelumnya.

Tetapi dalam hemat saya, pada aras penelitian S1, SOTA ini menjadi lebih fleksibel. Saya pribadi sebenarnya lebih menekankan bahwa penelitian yang dilakukan harus mempunyai kontribusi. Kontribusi disini bisa bermacam bentuk seperti, menyelesaikan permasalahan di sebuah instansi atau perusahaan (tentu yang belum pernah dilakukan oleh orang lain atau dengan penambahan variabel) dengan alat dan atau metode yang paling mutakhir dan appropriate. Bisa juga berbentuk menyempurnakan penelitian sebelumnya, bisa menyempurnakan atau melanjutkan. Dengan memilih satu dari dua bentuk tersebut saya pikir cukuplah sebagai SOTA pada Maqom Sarjana.

Jika saya melihat secara obyektif, sebenarnya ide-ide yang dikemukakan mahasiswa dalam proposalnya, banyak yang sudah cukup bagus. Idenya banyak yang original, dan bisa dibilang mempunyai kontribusi dan SOTA. Tetapi permasalahannya kadang mahasiswa kurang bisa menyampaikan bahasanya dalam bentuk tulisan yang cukup bisa “merayu” pembaca bahwa dia mempunya SOTA dan ini original. SOTA paling gampang didapat dari mencari hasil penelitian baik yang berupa laporan penelitian atau artikel di jurnal, kemudian sampaikan bagaimana penelitian tersebut mendukung penelitian Anda. Artinya Anda harus bisa menunjukkan ‘posisi’ penelitian Anda dalam peta penelitian yang begitu luas, sama seperti harus bisa menunjukkan posisi Jogja di atlas dunia.

Anda perlu ingat bahwa buat mahasiswa, idealnya, TA atau skripsi adalah karya seni yang harus bisa dibanggakan, dan tidak boleh ada yang menyamai. Karna karya Seni dibuat oleh tangan dengan penuh perasaan dan tanggung jawab, jadi nilai rasanya luar biasa tinggi dan pasti susah untuk ditiru. Jika ada sebuah hasil karya yang tidak unik (artinya gampang ditiru) itu bukan sebuah karya seni atau merupakan hasil fabrikasi. Ketinggian hasil karya seni inilah yang disebut dengan STATE OF THE ART.

Salam, Winda Nur Cahyo

Sumber: http://windanc.staff.uii.ac.id/2012/01/05/state-of-the-art/


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: