Posted by: retarigan | May 8, 2014

Makna Menolong di Mata Mendiang Zig Ziglar


Zig Ziglar 02Apa kenangan terbaik dari motivator kawakan Zig Ziglar yang meninggal pada 28 November 2012? Mungkin semangat menolongnya. Ziglar lahir diCoffee County, Alabama, pada 6 November 1926 dan merupakan anak kesepuluh dari 12 bersaudara pasangan John Solas Ziglar dan Viola Ziglar. Sewaktu kecil ia sudah ditinggal ayahnya yang tak mewarisi harta berlimpah. “Ayah saya meninggal waktu saya berusia lima tahun. Saya mulai jualan kacang di jalanan saat usia enam tahun,” tuturnya suatu ketika.

Ketika menginjak 12 tahun ia bekerja di toko kelontong milik seorang kaya bernama John R. Anderson diMississippi. “Ia memperlakukan saya seperti anaknya sendiri. Ia tahu saya sudah tak punya ayah lagi sehingga ke mana pun ia pergi hampir selalu mengajak saya,” katanya. Anderson juga memiliki perkebunan yang luas dengan para pekerjanya yang terdiri dari kaum Afro-Amerika. Menurut Ziglar, Anderson selalu mengawasi mereka bekerja tetapi memperlakukan mereka dengan baik. Dari Anderson ini Ziglar kecil belajar bijak. “Jika kita baik pada orang lain maka kita akan mendapat karier yang bagus,” lanjutnya.

Ia juga bukan tipe orang yang mudah mengeluh. Mungkin karena terpaan hidupnya yang berat. “Saya tahu saya sering mengalami kesulitan, tetapi saya tak pernah mengeluhkannya,” katanya.

Usai menyelesaikan sekolah pada periode 1943-1945 Ziglar mengikuti wajib militer. Saat itu Perang Dunia II sedang berkecamuk. Tapi Ziglar yang masih remaja tak dikirim ke medan perang, ia ditempatkan di Navy V-12 Navy College Training Program. Ini adalah program yang dirancang pemerintahan AS untuk mempersiapkan para pemimpin marinir di masa depan. Program ini juga menyelenggarakan kerjasama dengan sejumlah universitas. Ziglar kemudian dikirim ke University of South Carolina.

Entah kenapa, setelah mengikuti wajib militer itu ia memilih jadi salesman pada sebuah perusahaan. Selama menempuh karier, ia rajin menulis pengalamannya bekerja dan membuat buku tips. Salah satunya adalah menulis buku See You at the Top yang diterbitkan tahun 1975. Buku ini meledak luar biasa dan menjadi rujukan para salesman. Seiring dengan populernya buku itu nama Zig Ziglar makin dikenal sebagai penulis buku laris.

Ziglar juga diundang untuk membahas buku tersebut di mana-mana. Inilah awal kariernya sebagai motivator. Setelah itu belasan buku best seller lain ia tulis. Zig Ziglar kemudian dikenal selain sebagai motivator yang telah menginspirasi jutaan orang di dunia, juga penulis buku-buku best seller dansalesman andal. Apa kiatnya? “Anda akan mendapatkan apa yang diinginkan dalam hidup jika Anda cukup banyak menolong orang lain memperoleh apa yang diinginkannya,” tuturnya memberi tips sukses.

Untuk mampu menolong orang lain, berpikirlah bahwa saya dapat menolong, saya memiliki hal yang diperlukan orang lain, dan hindari merasa tidak memiliki cukup kemampuan untuk menolong.

Sumber: http://andriewongso.com/articles/details/7522/Makna-Menolong-di-Mata-Mendiang-Zig-Ziglar


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: