Posted by: retarigan | March 17, 2015

Manfaat Makan Bersama Keluarga


Rajin-rajinlah makan bersama para anggota keluarga…! Hal ini membawa banyak keuntungan, khususnya bagi para remaja. Keuntungan itu, antara lain, kebiasaan makan yang sehat dan perilaku yang baik. Demikian hasil studi jangka panjang yang dilakukan oleh para peneliti di School of Public Health, Universitas Minnesota, Amerika Serikat.

Mereka menjelaskan, anak yang makan lima kali atau lebih setiap pekan bersama keluarga mereka, baik pada awal maupun pertengahan masa remaja, cenderung menyantap makanan yang lebih sehat (banyak sayuran serta kaya akan kalsium, serat, dan mineral) lima tahun kemudian.

Perilaku yang baik juga timbul karena selama waktu makan, para anggota keluarga dapat saling berbagi pengalaman, bertukar pikiran, dan belajar.

Responden penelitian ini adalah 400 anak. Semua anak yang menjadi responden diminta menjawab berbagai pertanyaan ketika mereka berusia 12 atau 13 tahun. Pertanyaan yang sama diulang selama lima tahun kemudian.

Pentingnya kegiatan makan bersama ini sebaiknya diperhatikan oleh para orangtua, penyedia perawatan kesehatan, dan pendidik. Begitu saran para ilmuwan.

“Biasakan setiap aktivitas positif dalam keluarga, maka pada akhirnya akan menjadi budaya pribadi yang baik di masa depan.”

Adopsi dari: http://www.andriewongso.com/articles/details/2622/Manfaat-Makan-Bersama-Keluarga


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: