Posted by: retarigan | March 19, 2015

Bahan Makanan, yang Nutrisinya Meningkat Jika Dimasak


Tomat salah satunya. Apalagi?

Tomat

Tomat

Nutrisi tomat akan semakin baik jika dimasak terlebih dahulu

Selama ini, banyak yang mengatakan bahwa memakan sayuran, akan lebih baik jika proses masaknya tidak terlalu lama. Hal ini karena kandungan nutrisi yang dimiliki oleh sayur akan berkurang, bahkan hilang selama masa pengolahan.

Namun ternyata, ada beberapa jenis sayuran yang justru akan lebih baik manfaatnya, ketika sudah melalui proses pengolahan di dapur. Asalkan dimasak tak terlalu lama maka khasiatnya bisa dirasakan. Apa saja jenis sayuran tersebut? Berikut ulasannya menurut Dailymail.

Tomat; Menelisik kebaikan buah yang berwarna merah saat ranum ini ternyata mengungkapkan fakta bahwa tomat, memiliki nutrisi yang semakin baik ketika sudah melalui proses pengolahan. Manfaatnya, bisa dirasakan, khususnya bagi kesehatan para pria. Nutrisi yang berkembang dengan baik setelah diolah dalam tomat, ialah kandungan lycopene, yang semakin bertambah ketika tomat dimasak. Kandungan lycopene, bisa memerbaiki kesehatan dan bisa menekan risiko penyakit kanker. Namun karena tomat yang sudah dimasak akan kehilangan vitamin C, sebaiknya Anda menjadikan tomat mentah sebagai pendamping tomat yang sudah diolah.

Bayam; Sama seperti tomat, kandungan nutrisi dari bayam, salah satu jenis sayuran hijau yang sehat, akan lebih baik ketika dimasak. Bayam, memiliki kandungan oksalat yang akan berubah menjadi satuan mineral baik seperti zat besi dan kalsium, saat bayam dimatangkan. Selain itu, bayam juga mengandung serat yang juga akan berubah menjadi satuan mineral bermanfaat ketika dimasak. Namun, alangkah lebih baiknya bila Anda tidak memasak bayam terlalu matang, karena nutrisi yang dimilikinya akan hilang.

Wortel; Sayuran ini juga memiliki kandungan yang semakin baik bila dimasak, yakni kandungan carotenoid, yang menjadi sumber warna oranye yang dimilikinya. Memasak wortel, dipercaya mampu mengubah nutrisi yang terkandung di dalamnya menjadi satuan antioksidan yang memiliki manfaat lebih baik untuk tubuh. Wortel rebus, juga bisa dijadikan camilan untuk Anda yang sedang menjalani program diet sehat.

Jamur; Di dalam jamur, terkandung banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Bila melalui proses pengolahan, unsur mineral dan vitamin yang dimilikinya, bisa menambah kandungan protein di dalamnya, sehingga manfaatya dapat bertambah. Namun hati- hatilah bila memasak jamur dengan minyak, karena jamur bisa mnyerap minyak dan lemak yang tak baik bagi tubuh.

Adopsi dari: http://life.viva.co.id/news/read/601010-bahan-makanan–yang-nutrisinya-meningkat-jika-dimasak

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: