Posted by: retarigan | March 21, 2015

9 Cara Meningkatkan Energi


Tingkatkan energi Anda untuk mencapai hasil maksimal! Situs RealSimple memaparkan 9 langkah sederhana untuk meningkatkan energi:

1. Cobalah Hal Baru; Melakukan sesuatu yang baru (seperti belajar bahasa asing atau terlibat dalam proyek baru di kantor/kampus) membuat aktivitas kimiawi dalam otak membebaskan horman dopamine. Hormon ini, selain meningkatkan rasa senang dan bisa mengurangi rasa sakit, juga bisa meningkatkan motivasi dalam diri Anda untuk melakukan sesuatu dengan lebih aktif.

2. Keliling Ruangan; Tubuh yang aktif akan mempelancar sirkulasi darah. Dan, sirkulasi darah yang baik akan menghasilkan energi maksimal yang Anda perlukan.

3. Bernapas yang Benar; Bernapaslah lebih dalam, lebih lambat, dan lebih teratur dengan tenang. Oksigen yang masuk ke sel tubuh Anda bisa memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan sirkulasi. Akhirnya semua itu akan memberikan lebih banyak energi untuk Anda.

4. Olahraga Rutin; Olahraga rutin banyak tiga kali seminggu, dengan masing-masing latihan berdurasi 30 menit, bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan vitalitas tubuh.

5. Makan Teratur; Makan 3x sehari (yang diselingi 2x snack) dapat menjaga kadar gula dalam darah Anda. Akibatnya, tubuh tidak mengalami pasang surut energi.

6. Lakukan Hal yang Menyenangkan; Contohnya: menonton film komedi dan menikmati alunan musik. Kegiatan-kegiatan yang menyenangkan akan mengaktifkan beberapa wilayah di otak Anda, membangun koneksi saraf baru, dan meningkatkan aliran oksigen ke jantung.

7. Minum Air Putih; Usahakan agar Anda minum air putih secara teratur sepanjang hari (minimal 2 liter). Sekadar tahu, tubuh manusia memerlukan air untuk mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh.

8. Tenangkan Pikiran Anda; Memaksakan diri dan memusingkan banyak hal akan membuat Anda stres dan tidak bisa beraktivitas dengan maksimal. Istirahat dan tenangkan pikiran Anda dengan meditasi, yoga, atau kegiatan rohani. Setelah itu, Anda akan bisa berpikir lebih jernih dan siap berjuang lagi!

9. Pergi ke Luar Ruangan Sejenak; Anda bekerja di kantor? Setidaknya, sekali sehari dalam jam kerja Anda, langkahkan kaki ke luar gedung. Menghabiskan waktu di luar ruangan bisa mengurangi hormon stres dan mengurangi tekanan darah. Sinar matahari juga bisa meningkatkan hormon serotonin tubuh, yang bisa meningkatkan mood dan energi Anda.

“Lakukan aktivitas yang dapat menunjang potensi kesehatan prima.”

Adopsi dari: http://www.andriewongso.com/articles/details/3480/9-Cara-Meningkatkan-Energi


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: