Posted by: retarigan | March 21, 2015

Mau Tahu Rahasia Kekuatan Sebuah Pujian?


Alkisah, ada sebuah kisah nyata tentang seorang penyanyi terkenal di Eropa, yang memiliki suara yang luar biasa. Wanita itu bersuamikan pemain musik, pemain keyboard, dan juga seorang pengarang lagu. Begitu pandainya sang suami dalam menguasai lagu, nada, birama, dan hal-hal lain di bidang musik sehingga dia selalu menemukan apa yang harus dikoreksi ketika sang istri bernyanyi.

Jika istrinya bernyanyi, selalu saja ada komentar dan kritik, seperti bagian ini kurang tinggi, bagian ini temponya harus pelan, lain waktu ia berkata bagian ini kurang ‘kres’… dan sebagainya. Selalu saja ada komentar pedas yang dia lontarkan saat istrinya bernyanyi dan bersenandung.

Akhirnya sang wanita malas menyanyi. Dia berpikir, “Wah, nggak usah nyanyi saja deh, apa saja salah terus, nyanyi apa juga ada yang kurang. Nggak usah nyanyi. Kalau nyanyi malah ribut…”

Singkat cerita, karena suatu musibah, sang suami meninggal dan lama setelah itu, si wanita menikah lagi dengan seorang tukang ledeng. Tukang ledeng itu tidak paham soal musik. Ia hanya tahu kalau istrinya bersuara bagus dan selalu memuji istrinya saat bernyanyi.

Suatu ketika sang istri bertanya, “Pa, bagaimana laguku?”

Kemudian sang suami menjawab, “Ma… saya ini selalu cepat pulang karena mau dengar nyanyian kamu!” Di lain waktu, ia berkata, “Ma… kalau saya tidak menikah denganmu, mungkin saya sudah tuli… karena hanya bunyi dentuman, gergaji, cericit drat pipa ledeng, gesekan, dan bunyi aneh lainnya yang setiap hari kudengarkan. Sebelum kita menikah, papa selalu terngiang suara-suara tidak enak itu setiap malam, tapi sekarang suara nyanyianmu yang terngiang…”

Istrinya sangat bersukacita. Merasa tersanjung karena telah diterima dan dipuji sehingga dia menjadi gemar bernyanyi, bernyanyi, dan bernyanyi. Suaminya mendorong dia hingga dia mulai merekam dan mengeluarkan album pertama dan disambut baik oleh masyarakat.

Akhirnya, wanita tersebut menjadi penyanyi terkenal. Ia justru menjadi terkenal ketika suaminya yang hanya seorang tukang ledeng terus menerus memujinya ketika ia melakukan hal yang diinginkannya.

Netter yang Berbahagia,

Terbukti, dalam sebuah hubungan, baik rumah tangga maupun persahabatan, saling mendorong dan memberi dukungan adalah hal yang paling penting yang bisa kita lakukan kepada pasangan. Meskipun, ada kalanya kritikan juga dibutuhkan untuk membantu lebih maju dan lebih baik.

Tetap ingat, bahwa dukungan dan dorongan yang kita berikan haruslah terhadap hal-hal yang bersifat positif dan akan mendorong kemajuan pasangan.

Salam Hangat Luar Biasa!

“Pujian yang selalu diulang dan diafirmasi, akan menjadi kekuatan luar biasa menuju keberhasilan.”

Adopsi dari: http://www.andriewongso.com/articles/details/14372/Mau-Tahu-Rahasia-Kekuatan-Sebuah-Pujian-3F


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: