Posted by: retarigan | June 1, 2015

THE Master KEY SISTEM


24 Pelajaran Penting yang Terbukti Mengubah Nasib Orang-Orang Terkaya di Dunia

Charles F. Haanel

(1866-1949)

Charles F. Haanel lahir pada 22 Mei 1866 di Ann Arbor, Michigan. Ia putra dari Hugo dan Emeline Haanel. Ia memulai karier bisnisnya sebagai office boy di suatu perusahaan di St. Louis selama 15 tahun. Karena ingin menjalani hidup yang lebih baik, ia berhenti bekerja untuk memulai perusahaannya sendiri.

Pada 1898, Mr. Haanel meyakinkan para investor bahwa Tehuantepee, New Mexico akan menjadi tempat terbaik untuk pertumbuhan tanaman gula dan kopi. Ia lalu diangkat menjadi presiden untuk menjalani usaha itu. Sejak awal, perusahaan ini sudah sukses. Nilainya bertumbuh luar biasa, sehingga semua investor dan Haanel menjadi kaya raya.

Mr. Haanel membentuk Continental Commercial Company pada 1905, yang mencakup perkebunan tebu dan kopi serta enam perusahaan lain yang digabungkan menjadi satu. Pada waktu itu, perusahaan ini merupakan salah satu konglomerat terbesar di dunia dengan nilai kekayaan $,5 juta.

Beranjak dari sukses-sukses itu, Mr. Haanel membentuk banyak perusahaan lain yang menambah kekayaannya: The Sacramento Valley Improvement Company, perkebunan anggur, dan perusahaan pertambangan. Ia menjadi presiden semua perusahaan itu dan bertanggung jawab atas keberhasilan dan perkembangannya.

Mr. Haanel menikah dengan Miss Esther M. Smith pada 1885 dan dikaruniai satu putra dan dua putri. Istrinya meninggal dunia pada 1901, dan pada 1908 ia menikah lagi dengan Miss Margaret Nicholson. Menurut beberapa sumber, sekarang ini putri-putrinya masih hidup.

Selain minatnya di dunia bisnis, Mr. Haanel menjadi anggota berbagai perkumpulan, antara lain Keystone Lodge, The Authors’ League of America, the American Society of Physical Research, the St. Louis Humane Society, the St. Louis Chamber of Commerce, dan the Science League of Amerika. Mr. Haanel juga adalah anggota Perkumpulan Mason level tiga puluh dua, anggota Shriner, dan juga anggota Missouri Athletic Club. Menurut biografi singkatnya (yang menjadi sumber referensi utama artikel ini) di dalam buku St. Louis – History of the Fourth City karya Walter B. Stevens, “Mr. Haanel adalah orang yang berpandangan matang, mampu meninjau kehidupan dengan tenang dan menilai dengan tepat berbagai peluang, kemungkinan, tuntutan, dan kewajiban di dalam kehidupan.”

Mr. Haanel meninggal pada 27 November 1949 di usia 83 tahun. Ia dimakamkan di Bellefontaine Cemetery, St. Louis.

Dengan mengamati kehidupan Mr. Hannel, tampak jelas bagaimana prinsip-prinsip yang tertulis dalam The Master Key System memandu perjalanan hidup Mr. Haanel. Ia tidak hanya menuliskan pemikirannya – ia juga menuliskan apa yang telah dijalaninya di dalam kehidupan.

Sumber: Charles F. Haanel, “The Master Key System”, AW Publishing, 2012. Hlm. xx-xxi


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: