Posted by: retarigan | July 15, 2015

2 Februari ~ Sidney Newton Bremer


Dengan memberilah, dan bukannya menerima, kita bisa menjadi kaya.HENRY WARD BEECHER

Kebajikan secara sederhana bisa dikatakan sebagai kehendak untuk melakukan sesuatu yang baik bagi orang lain. melakukan sesuatu yang baik adalah satu-satunya kebahagiaan yang pasti dalam kehidupan manusia.

Sukses sebenarnya dalam kehidupan ini melibatkan orang lain. Sukses tidak kikir, tidak terpusat pada diri sendiri dan tidak bersifat individual dalam arti sempit. Orang tak bisa benar-benar kaya kalau ia mementingkan diri sendiri.

Anutlah kebijaksanaan praktis dalam menghadapi orang-orang yang berjuang untuk sukses. Biasakan untuk mengucapkan kata-kata menghibur bagi orang-orang yang tak beruntung. Bila Anda membantu orang lain untuk mencapai ke tingkat lebih tinggi, maka Anda juga telah meningkatkan diri Anda sendiri.

Kebaikan terhadap orang lain adalah manifestasi dari kebaikan dan cinta yang ada dalam diri Anda. Kebaikan adalah ekspresi dari kualitas diri Anda. Melakukan sesuatu yang baik di dunia berarti berkembang di dunia. kita tak seharusnya mengharapkan imbalan pribadi terhadap kebajikan yang kita lakukan.

Kebajikan dari beberapa individu kaya sebenarnya terbatas untuk maksud menciptakan monumen bagi diri mereka sendiri. Memang banyak orang yang memberikan suatu sumbangan dalam masyarakat yang tertekan ini kalau ada keuntungan pribadi dengan publikasi ‘kebaikannya’ itu. Orang-orang ini bukanlah orang baik dalam arti sebenarnya. Barangkali jumlah uang mereka sangat tinggi, tetapi mereka tetap saja merupakan orang-orang kerdil –orang-orang dengan harkat kemanusiaan rendah.

Bunga menyebarkan keharumannya. Kelopaknya tidak hanya mekar bagi suatu kelompok tertentu dan tertutup bagi kelompok lain. Keindahannya ditujukan bagi semuanya. Maka, demikian juga dengan kebaikan kita seharusnya ditujukan bagi segenap kemanusiaan. Hati yang penuh kasih seharusnya nampak dalam kebaikan yang tertuju kepada semua orang. Hati yang lapang adalah sesuatu yang suci dan jiwa yang paling bajik adalah jiwa yang paling dekat dengan Tuhan. Egoisme adalah akar dari kejahatan dan kebajikan adalah obatnya.

Sumber: Sidney Newton Bremer, 366 Esai untuk Memotivasi Diri, PT Pustaka Binaman Pressindo, 1993 p. 42 (Seri Pustaka Eksekutif No. 22)


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: