Posted by: retarigan | August 10, 2015

Lesson 10 ~ SEBAB YANG PASTI


Jika Anda telah sepenuhnya memahami pemikiran yang dijelaskan pada Lesson 10, berarti Anda telah mengetahui bahwa tidak ada yang terjadi tanpa sebab yang pasti. Anda akan mampu merumuskan rencana-rencana Anda sesuai dengan pengetahuan yang pasti. Anda akan tahu bagaimana mengontrol situasi dengan cara memainkan sebab-sebabnya. Bila Anda menang – dan pasti menang – Anda tahu persis mengapa demikian.

Manusia biasa, yang tidak tahu tentang hukum sebab-akibat, selalu diatur oleh perasaan atau emosi. Ia berpikir terutama untuk membenarkan tindakannya. Jika ia gagal sebagai pengusaha, ia berkata bahwa keberuntungan tidak berada di pihaknya. Jika ia tidak suka musik, ia berkata bahwa musik adalah kemewahan yang mahal. Jika ia berkinerja tidak baik di kantor, ia berkata bahwa ia akan lebih berhasil bila bekerja di lapangan. Jika ia tidak punya teman, ia berkata bahwa tidak ada yang bisa mengerti kepribadiannya.

Ia tidak pernah memikirkan pangkal masalahnya. Pendeknya, ia tidak tahu bahwa setiap akibat merupakan hasil dari sebab yang pasti. Tetapi, ia berusaha menghibur dirinya dengan berbagai penjelasan dan alasan. Ia berpikir hanya untuk mempertahankan diri.

Pages: 1 2 3


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: