Posted by: retarigan | August 24, 2015

Lesson 14 ~ KEKUATAN KREATIF PIKIRAN


Anda telah mengetahui hingga sejauh ini bahwa pikiran merupakan aktivitas spiritual, sehingga dilengkapi dengan kekuatan yang kreatif. Ini tidak berarti bahwa hanya sebagian pikiran saja yang bersifat kreatif. Semua pikiran itu kreatif. Melalui proses penyangkalan, prinsip yang sama bisa berjalan dengan cara yang negatif.

Pikiran sadar dan bawah sadar hanyalah dua fase tindakan yang berkenaan dengan satu pikiran. Hubungan antara pikiran bawah sadar dengan pikiran sadar amatlah mirip dengan hubungan antara baling-baling dengan atmosfer. Tekanan sekecil apa pun di atmosfer menyebabkan gerakan pada baling-baling. Demikian pula, pikiran sekecil apa pun yang disimpan oleh pikiran sadar akan menghasilkan aksi di pikiran bawah sadar – dengan proporsi yang sebanding dengan kedalaman perasaan yang menyertai pikiran serta intensitas yang mendasarinya.

Maka, jika Anda menyangkal kondisi-kondisi yang tidak memuaskan, berarti Anda menarik kekuatan kreatif pikiran dari kondisi-kondisi ini. Anda menebas bagian akarnya. Anda menyedot vitalitasnya.

Ingatlah bahwa hukum pertumbuhan perlu mengatur setiap manifestasi di dunia objektif, sehingga penyangkalan kondisi-kondisi yang tidak memuaskan tidak akan menimbulkan perubahan instan. Sebuah tanaman masih bisa tetap terlihat beberapa saat setelah akarnya dipotong, tetapi lambat laun akan layu dan akhirnya lenyap. Maka, menarik pikiran Anda dari perenungan tentang kondisi-kondisi yang tidak memuaskan akan menghentikan kondisi-kondisi ini secara perlahan tapi pasti.

Pages: 1 2 3


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: