Posted by: retarigan | November 23, 2015

ACER: UPAYA MENGANGKAT REPUTASI TAIWAN


Acer Logo

Acer Logo

Kesulitan Acer pada masa awal pendirian mungkin dialami banyak produsen dari negara berkembang. Stan Shih, pendiri Acer, mengamati bahwa produk buatan negara Taiwan pada masa itu banyak dipersepsikan sebagai produk murah dengan kualitas buruk.

Dengan modal awal sebesar US$25.000, Stan Shih bersama beberapa rekannya mendirikan perusahaan Acer pada tahun 1976. Pada awalnya perusahaan membuat produk permainan dan bertindak sebagai distributor semiconductor di Taiwan. Ketika hendak memasarkan produk buatan sendiri, Shih menghadapi permasalahan persepsi konsumen yang buruk terhadap kredibilitas kualitas produk. Menghadapi tantangan anggapan produk inferior, Shih berusaha keras membangun reputasi perusahaan sebagai produsen yang memiliki kualitas baik.

Acer Laptop

Acer Laptop

Persepsi akan produk berkualitas rendah ini membuat Acer kesulitan menembus pasar internasional. Untuk mengatasinya, perusahaan berusaha mendapatkan sertifikasi ISO 9000 dan memenangkan berbagai penghargaan untuk kualitas dan desain. Kendala lain adalah letak geografis pabrik. Produk Acer banyak dirakit di kawasan Asia, sementara perusahaan berusaha menembus pasar Eropa dan Amerika. Hal ini tentu memengaruhi distribusi produk, yaitu membutuhkan waktu lebih lama dibanding kompetitor yang berlokasi di sekitar negara-negara tersebut. Saat ini perusahaan tidak memiliki pengalaman mengelola bisnis di negara lain, ditambah lagi belum memiliki karyawan dengan pengalaman internasional.

Perusahaan kemudian membuat Corporate Identity System (CIS) yang bertujuan mengangkat image merek dan memuluskan langkah globalisasi perusahaan. Pada tahun 1987, diperkenalkanlah nama “Acer” sebagai merek global perusahaan. Acer berasal dari bahasa Latin yang berarti aktif, tajam, pintar, dan jelas. Perusahaan berusaha membangun budaya perusahaan dengan kombinasi arti-arti tersebut. Nama Acer ini diproyeksikan sebagai jalan tol bagi perusahaan untuk menembus pasar di semua negara di dunia. Acer terdiri dari dua suku kata, mudah diucapkan dan diingat. Selain itu, dengan huruf “A” nama perusahaan akan muncul terlebih dahulu di berbagai indeks berdasarkan alfabet. Nama ini juga mudah didaftarkan di lebih dari 100 negara di dunia dan perusahaan memastikan nama tersebut tidak memiliki konotasi negatif di negara-negara target.

Acer Laptop

Acer Laptop

Perusahaan mencapai kesuksesan pertama saat membuat produk yang cukup laris di pasaran. Perangkat yang dimaksud ini dinamakan Micro-Professor, alat bantu pengajaran yang banyak dipakai di lembaga-lembaga pendidikan di dunia internasional. Pada sekitar tahun 1983, Acer membuat perangkat komputer bersama komponen-komponennya dan menjualnya kepada perakit komputer ternama. Kesepakatan ini cukup membantu kinerja finansial Acer selama beberapa waktu. Pada akhir tahun 1980-an, Acer melakukan diversifikasi secara vertikal secara berkelanjutan. Tak lama kemudian beberapa surat kabar memberitakan bahwa Acer adalah perusahaan manufaktur mikro komputer yang paling terintegrasi di dunia saat ini.

Pada tahun 1988, Acer mulai menjadi perusahaan publik dengan kondisi yang sangat baik. Pada tahun yang sama Acer mampu menghasilkan keuntungan lebih dari US$25 juta. Pada masa ini pula Acer melakukan perubahan strategi organisasi menuju fase ketiga, seiring dengan perubahan yang terjadi di industri komputer Taiwan. Pada fase pertama industri komputer Taiwan diwarnai oleh berbagai pembajakan hak paten dari luar negeri. Fase kedua adalah masa ketika banyak perusahaan Taiwan meniru pembuatan dan pengembangan komputer negara maju. Pada fase ketiga industri mulai melakukan inovasi-inovasi dalam segi teknologi.

Acer mulai menjadi perusahaan unggulan di Taiwan serta meninggalkan pesaingnya setelah membangun departemen riset dan pengembangan sendiri yang pada gilirannya memberi keleluasaan serta kemampuan bagi perusahaan untuk melakukan pengembangan secara independen. Hasilnya, perusahaan berhasil mengembangkan sistem komputer berbahasa China pertama di dunia. Hal ini memberikan dampak yang cukup signifikan bagi pengembang komputer di negara berbahasa Inggris, karena sebagaimana kita ketahui huruf China jauh berbeda dengan huruf Latin. Dengan sistem ini, pengembang asal China lebih mudah melakukan pengembangan berbagai program sesuai dengan kebutuhan pasar regional.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: