Posted by: retarigan | November 23, 2015

VOLKSWAGEN: JALAN BERLIKU MEMBESARKAN PERUSAHAAN


Volkswagen 01

Volkswagen 01

Volkswagen – atau dikenal dengan sebutan singkat VW – adalah salah satu produsen produsen mobil terbesar di dunia yang mereknya telah banyak dikenal di berbagai negara. Volkswagen lahir ketika Jerman membutuhkan alat transportasi yang dapat digunakan oleh orang banyak. Saat itu memang terdapat alat transportasi tradisional yang menggunakan hewan hidup, tapi pemerintah Jerman membutuhkan alat transportasi yang lebih mudah dirawat dan dapat diandalkan. Pada sekitar tahun 1930-an pemerintah Jerman dan beberapa produsen otomotif sedang giat-giatnya merancang mobil ekonomis. Sayangnya belum ada satu pun produsen yang benar-benar berhasil mengeluarkan produk mobil ekonomis sebagaimana diharapkan. Rancangan mobil tidak cukup sederhana dan setelah dikalkulasi ternyata harganya juga tidak terjangkau oleh masyarakat luas.

Pada masa inilah salah satu produsen otomotif Jerman menjawab tantangan pemerintah dengan mengeluarkan Volkswagen Beetle, yang sering kita sebut dengan VW Beetle. Volkswagen ditentukan menjadi nama perusahaan karena memang memiliki arti “mobil rakyat”. VW Beetle pun menjadi produk pertama yang laris di pasaran dan membantu perusahaan membangun reputasi sebagai produsen mobil andal. Keberhasilan ini memberikan keyakinan kepada Volkswagen untuk mengembangkan berbagai produk lain, melakukan ekspansi pasar, dan melakukan langkah akuisisi di kemudian hari.

Volkswagen 02

Volkswagen 02

Di beberapa pasar Volkswagen bahkan memiliki produk-produk yang mendominasi pasar. Namun, meskipun memiliki penguasaan pasar yang baik, Volkswagen menghadapi permasalahan yang cukup serius pada tahun 1990-an. Selama beberapa tahun pada decade 90-an kondisi keuangan Volkswagen sangat tidak menentu. Sebagai gambaran, pada tahun 1992 penjualan perusahaan sangat tinggi, mencapai 3,5 juta unit, tapi pada tahun 1993 perusahaan menderita kerugian sebesar 1,84 miliar mark Jerman pada unit bisnis di Spanyol. Barulah pada tahun 1994 pendapatan perusahaan kembali meraih angka 150 juta mark Jerman. Setelah diamati, didapati bahwa perusahaan tidak dapat mengontrol pengeluaran biaya dengan baik.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: