Posted by: retarigan | November 23, 2015

VOLVO: SULITNYA MENGUBAH PERSEPSI KONSUMEN


Volvo 01

Volvo 01

Tidaklah mudah bagi perusahaan untuk membangun merek lengkap dengan karakternya sehingga dipahami dan dirasakan dengan benar oleh konsumen. Diperlukan usaha yang konsisten dan daya tarik kuat agar diperhatikan, diingat, dan dipercaya oleh konsumen. Hal inilah yang dirasakan oleh Volvo.

Produsen mobil yang satu ini memulai perjalanan pada tanggal 14 April 1927 ketika Assar Gabrielsson dan Gustaf Larsson mendirikan perusahaan di Swedia. Volvo diambil dari bahasa Latin “volvere” yang berarti “saya menggulung” atau “saya berputar”. Nama ini dipilih karena terinspirasi oleh salah satu komponen mesin yang berbentuk roda dan ketika digunakan akan terus-menerus berputar. Harapannya, bisnis perusahaan akan berputar terus secara berkelanjutan.

Volvo 02

Volvo 02

Sejak awal perusahaan memang menekankan diferensiasi pada segi kualitas dan kendaraan yang aman digunakan. Ketika mendirikan perusahaan, Assar ingin membuat mobil yang memiliki daya tahan tinggi menghadapi karakter jalan Swedia yang saat itu memiliki kondisi tidak baik ditambah dengan hantaman cuaca dingin. Visi inilah yang mengilhami setiap unit produk Volvo sampai dengan saat ini.

Tonggak perjalanan penting pertama terjadi pada bulan Mei 1932 ketika perusahaan berhasil mencapai total produksi 10.000 unit pertamanya. Angka produksi ini berhasil dicapai setelah distributor minta perusahaan membuatkan model mobil ekonomis, yang pada gilirannya memicu angka penjualan produk perusahaan. Namun, pada versi-versi awal, mobil Volvo dikenal sebagai mobil yang cenderung mudah meledak. Banyak pengamat mengatakan hal ini disebabkan mesin diletakkan terlalu dekat dengan tangki bensin. Mitos ini cukup populer di kalangan dunia otomotif pada era tahun 1940-an.

Volvo 03

Volvo 03

Untuk memperbaiki reputasi Volvo pun berusaha memperbaiki produk, baik dari segi kualitas maupun desain. Sayangnya, sebelum hasil terlihat, pecahlah Perang Dunia I, yang secara langsung menghambat perkembangan bisnis Volvo. Perang membuat pasar mobil relatif lesu di Eropa, menjadikan perkembangan perusahaan yang bergerak di industri otomotif terhambat. Meskipun demikian Volvo tidak menyerah melakukan pengembangan produk. Pada tahun 1944 Volvo berhasil mengeluarkan produk yang diberi kode produk PV444. Mobil ini adalah terobosan perusahaan karena termasuk kategori mobil kecil, hasil perpaduan antara gaya khas Amerika dan ukuran mobil Eropa. Produk ini langsung mendapat perhatian banyak konsumen dan bersama versi selanjutnya, PV544, dapat mendominasi pasar hingga tahun 1960-an. dengan produk ini pula Volvo berhasil menembus pasar Amerika Serikat pada tahun 1950-an.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: