Posted by: retarigan | November 24, 2015

TOYS “R” US: PENDEKATAN KREATIF MENEMBUS PASAR


Toys R Us 01

Toys R Us 01

Ketika mendekati musim liburan, barang pertama yang sering kita pikirkan untuk diberikan kepada anak kecil adalah mainan. Lebih dari 60 persen mainan dibeli selama musim liburan. Sisanya diberikan pada perayaan ulang tahun dan momen lain. Para psikolog menyatakan pemberian hadiah mainan pada hari raya Natal juga dapat mempererat hubungan antara anak dan orangtua.

Toys “R” Us, perusahaan ritel mainan, bermula dari upaya Charles Lazarus dan didirikan pada tahun 1948. Saat itu Perang Dunia II baru saja usai dan secara bersamaan masyarakat dunia memasuki era baby boomer. Tingginya tingkat kelahiran bayi pada masa itu secara langsung menggambarkan potensi besar untuk industri perlengkapan anak selama beberapa waktu kemudian. Sejak beberapa tahun sebelumnya Charles memang bermimpi membuat usaha yang berkaitan dengan dunia anak-anak. Hal inilah yang semakin memacu semangat Charles untuk menggarap segmen anak-anak tersebut.

Toys R Us 02

Toys R Us 02

Berbekal uang simpanan dan pinjaman bank, Charles memulai usaha dengan membuka toko furnitur untuk bayi di Washington. Setelah beberapa lama toko berdiri, sebagian konsumen sering menanyakan apakah Charles menjual mainan juga. Charles pun mencoba menyediakan beberapa jenis mainan, yang ternyata mendapatkan respons positif. Tak berapa lama kemudian, seiring dengan perkembangan bisnis, toko ini berganti nama menjadi Children’s Supermarket, lalu berubah menjadi Toys “R” Us (dengan huruf R terbalik).

Berbeda dengan toko sejenis yang ada pada masa itu, Toys “R” Us mengadopsi konsep supermarket dalam toko. Dengan demikian konsumen diperbolehkan mengamati lebih saksama, mencoba memainkan, dan setelah menemukan barang yang sesuai dapat melakukan transaksi di kasir. Dengan demikian, sebelum membeli konsumen mendapat pengalaman berinteraksi dengan mainan yang diinginkannya. Hal ini tergolong pendekatan baru dalam industri mainan saat itu, yang kemudian menjadi diferensiasi utama Toys “R” Us.

Toys R Us 03

Toys R Us 03

Ekspansi usaha mulai dilakukan dengan serius pada tahun 1980-an. saat itu di industri mulai bermunculan beberapa pesaing yang mencoba meniru konsep bisnis Toys “R” Us. Namun, karena pengalaman bertahun-tahun dan berhasil beroperasi dengan efisien Toys “R” Us berhasil mempertahankan posisi sebagai toko mainan populer.

Pada tahun 1990-an Toys “R” Us menjadi perusahaan ritel mainan yang beroperasi di banyak negara dengan menjual berbagai macam permainan. Mereka sukses memasuki pasar baru dan merebut hati anak-anak dengan mainan yang ditawarkan. Namun, mereka pernah kesulitan melakukan penetrasi ke pasar Jepang karena kebijakan pemerintah.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: