Posted by: retarigan | November 25, 2015

AMERICAN EXPRESS: RAKSASA YANG PERNAH MENGALAMI KRISIS IDENTITAS


American Express 01

American Express 01

American Express adalah lembaga institusi keuangan yang tidak hanya dikenal di Amerika Serikat, tapi juga di banyak negara di berbagai belahan dunia. America Express pernah menyatakan diri memiliki kinerja terbaik di industri dan berhasil menyediakan pelayanan di berbagai produk, mulai dari obligasi berjangka sampai dengan berbagai bentuk pendanaan.

American Express Company atau sering disingkat menjadi AmEx atau Amex adalah salah satu lembaga finansial paling terdiversifikasi di dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1850 dan awalnya bergerak di industri jasa pengiriman berbagai barang. Baru pada tahun 1882 Amex secara serius mengembangkan jasa finansial perusahaan dengan meluncurkan jasa pengiriman uang. Produk ini dibuat untuk menyaingi produk serupa yang dimiliki United Parcel Service (UPS).

American Express 02

American Express 02

Terobosan lain dilakukan setelah Presdir American Express, J.C. Fargo, mengadakan perjalanan ke Eropa antara tahun 1888 sampai dengan 1890. Saat itu ia sangat kesal karena ke mana pun pergi ia mengalami kesulitan dalam mengurus bentuk letter of credit. Ia sangat kesulitan mendapatkan uang tunai di semua tempat yang ia kunjungi, kecuali kota-kota besar. Fargo menyampaikan keluhannya kepada tim manajemen perusahaan. Tak lama kemudian tim manajemen menemukan solusi yang lebih mudah digunakan konsumen selain letter of credit. Saat itulah dunia mulai mengenal sistem yang disebut traveler’s cheque, yang diluncurkan pada tahun 1891 dengan pecahan US$10, 20, 50, dan 100.

Sistem traveler’s cheque ini menjadikan America Express benar-benar sebagai perusahaan internasional. Sistem ini sangat berguna bagi konsumen asal Amerika Serikat ketika menghadapi Perang Dunia I. Traveler’s cheque sangat membantu banyak penggunanya karena American Express bersedia menerima letter of credit yang diterbitkan institusi keuangan lain saat banyak badan keuangan lain justru menolaknya. Hal ini tentu memengaruhi persepsi konsumen dan membantu membangun citra perusahaan.

American Express 03

American Express 03

Masih untuk produk traveler’s cheque, perusahaan banyak membuat program promosi dengan serius. Salah satu bukti keseriusannya adalah iklan perusahaan pada tahun 1975. Dibantu oleh David Ogilvy, perusahaan membuat program promosi dengan slogan “Don’t leave home without it”. Kampanye promosi dibintangi pemenang Oscar saat itu, Karl Malden, dan meraih respons yang sangat baik dari masyarakat. Karena hasil baik ini, perusahaan menggunakan jasa Karl sebagai endorser selama 25 tahun selanjutnya.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: