Posted by: retarigan | November 25, 2015

CADBURY: LANGKAH KREATIF MELAKUKAN DIVERSIFIKASI


Cadbury 01

Cadbury 01

Tentu banyak di antara kita yang mengenal merek Cadbury. Perusahaan ini memiliki berbagai produk consumer goods terutama di bisnis makanan dan minuman. Namun, tentu saja produk Cadbury yang paling dikenal adalah cokelat. Cadbury dikenal sebagai pemimpin pasar dalam industri cokelat di berbagai belahan dunia. Setiap varian produknya memiliki tempat tersendiri di hati konsumen, sebab banyak di antara kita yang mengenal merek ini sejak kanak-kanak.

Cadbury 02

Cadbury 02

Kisah merek ini dimulai pada tahun 1824 ketika seorang pemuda Inggris bernama John Quaker membuka took di Birmingham. Di tokonya John menjual berbagai minuman seperti kopi, teh, cokelat, dan kokoa. John memutuskan tidak menjual minuman yang mengandung alkohol karena ia percaya alkohol adalah salah satu penyebab kemiskinan. Dengan produk yang dijualnya John berharap dapat memberikan alternatif minuman yang disukai orang banyak.

Cadbury 03

Cadbury 03

Secara konsisten Cadbury berusaha selalu meningkatkan kualitas produk dan secara bertahap menambah varian produk. Berkat usahanya yang konsisten, pada tahun 1854 Cadbury diberi kepercayaan menjadi pemasok bahan minuman cokelat untuk Ratu Victoria. Keberhasilan produksi cokelat membuat perusahaan menghentikan produksi teh sejak tahun 1873. Dengan langkah ini, perusahaan memfokuskan diri melakukan pengembangan cokelat.

Cadbury 04

Cadbury 04

Secara umum, citra Cadbury terbangun dengan baik di kalangan masyarakat. Namun, ada beberapa momentum saat perusahaan meningkatkan citra merek dengan kreatif dan mendapatkan hasil yang signifikan. Sebagai contoh, dukungan Cadbury yang tidak sedikit pada Perang Dunia I dan II. Cadbury mengerahkan ribuan pekerja prianya untuk bergabung dengan angkatan bersenjata. Tak hanya itu, pabrik Cadbury juga mendukung pemerintah dengan membantu menyediakan perlengkapan, baik bagi pihak militer maupun sipil. Perusahaan mengambil peran sebagai penyedia pakaian hangat, buku, dan cokelat. Untuk diketahui, cokelat adalah salah satu produk makanan penting selama perang.

Namun, usaha pengembangan merek tidak berhenti di situ. Sejak tahun 1990 Cadbury berusaha mengembangkan dan mengimplementasikan program pemasaran yang bertujuan memperkuat citra merek, terutama di Inggris. Cadbury berupaya memilih tempat-tempat strategis seperti mal, taman hiburan, dan bandar udara untuk mengomunikasikan nilai, sekaligus meningkatkan jalur distribusi produk. Perusahaan memutuskan membuat tempat semacam kafe. Pilot project-nya dimulai pada tanggal 8 Oktober 2000 di Batch, lokasi di Inggris yang sering dikunjungi wisatawan, dalam bentuk bangunan peninggalan zaman Gregorian pada abad ke-18. Pemilihan lokasi ini dilakukan dengan saksama, mempertimbangkan merek baru Cadbury sebagai tempat makan. Dengan demikian, tempat makan ini menawarkan pengalaman berbeda kepada konsumen dalam mengonsumsi produk Cadbury.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: