Posted by: retarigan | November 27, 2015

TATA NANO: GEBRAKAN SI KECIL DI INDUSTRI OTOMOTIF


Tata Nano 01

Tata Nano 01

Ada beberapa contoh keberhasilan usaha karena pemilik atau tim manajemen perusahaan jeli melihat peluang pasar. Salah satunya adalah Tata Motors, perusahaan otomotif asal India yang terkenal dengan produk mobil kecilnya, Tata Nano. Tata Group sebagai induk usaha adalah salah satu perusahaan yang berhasil mengangkat nama Asia di persaingan dunia bisnis global. Sebagai penjelasan singkat, Tata Group adalah usaha konglomerasi multinasional yang didirikan pada tahun 1968 oleh Jamshedji Tata. Saat ini Tata Group adalah perusahaan swasta terbesar di India dalam hal penerimaan dan kapitalisasi pasar. Grup satu ini membawahkan 98 anak perusahaan (27 diantaranya terdaftar di bursa saham) dalam tujuh sektor bisnis dan beroperasi di lebih dari 85 negara di enam benua.

keberhasilan induk perusahaan sedikit banyak membantu lahirnya Tata Motors. Selain modal, nama keluarga Tata sudah banyak dikenal, baik oleh masyarakat maupun kalangan pemerintah. Dengan pertumbuhan bisnis yang baik, Tata telah banyak membantu perekonomian masyarakat India. Banyak lowongan kerja yang dapat dibuka dan mempercepat roda perekonomian negara.

Tata Nano 02

Tata Nano 02

Visi jangka panjang Tata Motors terbentuk setelah Ratan Tata (cucu Jamshedji Tata) melakukan pengamatan pada perilaku masyarakat India. Saat itu sangat banyak keluarga yang berkendara dengan sepeda motor yang tidak layak. Satu sepeda motor dapat digunakan untuk mengangkut seluruh anggota keluarga. Bisa dibayangkan, selain tidak nyaman cara berkendara itu sangat berbahaya. Ratan mencoba membuat konsep kendaraan yang dapat menggantikan sepeda motor. Untuk itu produk substitusi ini harus memiliki harga yang terjangkau masyarakat. Hal ini juga sesuai dengan tingkat adaptasi teknologi India dalam industri otomotif saat itu. India tidak memiliki kapabilitas yang memadai untuk mengadaptasi teknologi dalam dunia otomotif, tapi mereka memiliki kemampuan membuat terobosan dalam membuat produk dengan harga yang relatif rendah.

Setelah pemikiran ini terdengar oleh media, beberapa jurnalis mewawancarai Ratan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Saat itu rencana Ratan baru sampai tahap konsep sehingga belum dapat menyediakan jawaban yang cukup detail. Tidak puas akan jawaban tersebut, jurnalis-jurnalis ini terus mendesak Ratan dan akhirnya tercetus rencana pemberlakuan harga untuk produk sebesar 100.000-200.000 rupee. Ternyata pernyataan perkiraan harga inilah yang menjadi sorotan media dan dipublikaskan secara luas.

Tata Nano 03

Tata Nano 03

Pada awalnya, Ratan mencoba mengajak kerja sama dengan beberapa perusahaan dari Indonesia, Malaysia, dan India. Bersama perusahaan-perusahaan ini Ratan hendak mengangkat konsep produk sebagai “mobilnya masyarakat Asia”. Sayangnya, tidak ada respons positif dari beberapa perusahaan yang diajak bekerja sama. Ratan mendapat tentangan, baik dari luar maupun dalam perusahaan. Banyak pihak menilai perancangan produk ini hanya mimpi yang tidak dapat diwujudkan. Ratan dianggap tidak logis dan bisa jadi membuat produk yang justru membahayakan keselamatan karena banyak pihak menganggap banyak fitur penting yang dikurangi.

Namun, Ratan Tata tidak patah semangat menghadapi berbagai tantangan setelah melihat besarnya potensi pasar bila produk ini berhasil diwujudkan. Sebagai gambaran, total pasar untuk produk mobil di India saat itu sebesar US$1,5 juta, sementara pasar sepeda motor sebesar US$7,5 juta. Bila Ratan berhasil membuat produk substitusi dengan harga terjangkau, potensi penerimaan perusahaan akan sangat besar. Melalui perhitungan, bila produk bisa mengonversi 10 persen pangsa pasar saja dari pengguna sepeda motor, hal itu akan dapat mendorong pertumbuhan pasar mobil sebesar 50 persen di India.

Ratan mencoba membuat produk uji coba pertamanya yang dinamakan Tata Ace (kendaraan pick-up). Agar dapat melakukan inovasi yang optimal, Ratan membentuk tim dengan profil anggota tim berusia di bawah 30 tahun dan pengalaman kerja 5-9 tahun. Ratan memberi target pada tim ini untuk membuat produk yang dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat bawah dengan harga terjangkau dan dapat memberikan manfaat lebih dari uang yang mereka bayarkan. Agar dapat membuat gebrakan dalam industri, Ratan menolerir banyak sekali kegagalan uji coba produk yang dilakukan tim.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: