Posted by: retarigan | November 27, 2015

TOYOTA CAMRY: “MAHKOTA” DARI NEGERI SAKURA


Toyota Camry 01

Toyota Camry 01

Tidak dapat dimungkiri industri otomotif bukan lagi didominasi produsen mobil asal Amerika Serikat. Saat tulisan ini disusun, banyak perusahaan otomotif asal Asia yang mulai unjuk gigi meramaikan dunia otomotif di berbagai belahan dunia. di Indonesia sendiri produsen otomotif asal Jepang sangat mendominasi pasar. Di bagian lain buku ini telah dibahas bagaimana upaya Honda menembus pasar Amerika Serikat dengan produk andalannya, Accord. Sekarang mari kita lihat upaya yang dilakukan perusahaan Jepang lainnya, yaitu Toyota, dalam menembus pasar internasional dengan produk unggulannya yang dikenal dengan nama Camry.

Toyota Camry 02

Toyota Camry 02

Camry adalah salah satu lini produk Toyota yang dipasarkan di hampir semua pasar otomotif di dunia. nama Camry diadaptasi dari bahasa Jepang “kanmuri” yang memiliki arti “mahkota” atau dalam bahasa Inggris ”crown”. Kebetulan Toyota juga memiliki lini produk yang diberi nama Toyota Crown. Menariknya, Camry dibuat untuk menggantikan lini produk Toyota lainnya, yaitu Toyota Corona, yang dalam bahasa Latin juga berarti “mahkota”. Selain itu, perusahaan memiliki lini produk yang dinamakan Toyota Corolla. Kata “corolla” diadaptasi dari istilah ilmu botani untuk mahkota bunga. Rupanya Toyota memang merancang lini produk sedan perusahaan sebagai “mahkota” untuk dapat mengangkat citra merek Toyota.

Toyota Camry 03

Toyota Camry 03

Toyota Camry pertama kali diterjunkan ke pasar pada tahun 1983. Model mobil sedan ini sengaja dibuat untuk melakukan penetrasi ke pasar Amerika Serikat, seperti Honda dengan model Accord-nya yang telah terlebih dahulu dipasarkan di pasar Amerika Serikat. Ini merupakan gong pertanda babak baru persaingan antara kedua perusahaan otomotif papan atas dari Jepang tersebut.

Toyota Camry 04

Toyota Camry 04

Dengan kualitas yang prima, kondisi interior yang nyaman, dan mesin yang bandel, tak heran Toyota Camry dengan cepat menarik perhatian konsumen Amerika Serikat. Camry tak perlu waktu lama untuk mendapat pengakuan dari berbagai media. Majalah Consumers Digest menggolongkan Toyota Camry sebagai produk best buy pada tahun 1983 dan 1984. Selain itu, Camry juga mendapat penghargaan sebagai Most Trouble-Free Car in America. Model pertama Toyota Camry ini pun cukup digemari oleh konsumen dan dipertahankan selama empat tahun.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: