Posted by: retarigan | November 29, 2015

BMW: PERKAWINAN ANTARA IKLAN, HIBURAN, DAN PRODUK


BMW 01

BMW 01

Pada tahun 2010, BMW bekerja sama dengan perusahaan agensi Fallow Worldwide membuat program promosi merek terbaru. Program ini ditujukan bagi konsumen yang memiliki karakteristik pekerja keras dan hendak merasakan pencapaian tertinggi dalam hidup. Program ini dirancang untuk disebarkan melalui media televisi.

BMW 02

BMW 02

Pada waktu itu BMW telah meluncurkan tiga program iklan yang menonjolkan performa produk dan kualitas yang dimiliki sebuah mobil BMW. Akan tetapi, iklan-iklan itu dengan mudah ditiru oleh merek-merek pesaing di industri. Hal ini tentu saja menurunkan faktor pembeda antara BMW dan para pesaing.

BMW 03

BMW 03

Sementara itu, hasil riset menunjukkan ternyata pembeli BMW memiliki karakteristik sebagai orang yang cenderung mengikuti perkembangan teknologi dan memiliki akses internet yang cepat. Sebanyak 85 persen di antaranya memiliki kebiasaan melakukan perbandingan dan riset awal sebelum mendatangi showroom mobil. Fakta ini menginspirasi BMW dan Fellow untuk membuat program promosi menggunakan media internet. Visi kuat BMW, digabungkan dengan kemampuan dan pengalaman Fallow dalam membuat klip singkat di internet, membuat kedua perusahaan memutuskan membuat serial film pendek dengan kualitas menyerupai film layar lebar.

BMW 04

BMW 04

Langkah yang dilakukan kemudian adalah menggandeng perusahaan produksi Hollywood yang melibatkan David Fincher. Fincher menyumbang beberapa ide dalam perancangan promosi, seperti syuting film yang dibagi-bagi menjadi beberapa segmen dan disutradarai oleh beberapa nama terkenal. Beberapa tokoh terkenal menghiasi film-film pendek ini, sebutlah Clive Owen yang berperan sebagai aktor utama, dan Madonna, Mickey Rourke, serta Stellan Skarsgaard yang menjadi pemeran pembantu. Sutradara yang terlibat adalah nama-nama besar, seperti Ang Lee, John Franeheimer, dan Guy Ritchie. Dalam setiap film ditunjukkan beberapa model BMW yang berbeda. Mobil BMW digambarkan sebagai mobil yang memiliki performa baik dalam kondisi dan situasi ekstrem, kondisi yang belum pernah dimunculkan pada iklan televise biasanya.

Perusahaan kemudian membuat website http://www.bmwfilms.com yang memuat kelima seri film itu, juga lima cerita tambahan yang memuat karakter sampingan. Selain itu juga ditampilkan tayangan di balik pembuatan film, mulai dari bagaimana film dibuat, wawancara dengan stuntman, sampai dengan komentar para sutradara dari sudut pengambilan gambar. Promosi iklan kemudian dilebarkan menjadi iklan televisi, iklan cetak dan internet, pemasaran viral, serta public relations yang agresif. Rangkaian film ini adalah inovasi pertama yang mengawinkan dunia periklanan dan hiburan serta melibatkan dana yang besar, tokoh-tokoh masyarakat yang ternama, dan persebaran yang luas.

Rangkaian film yang diberi judul The Hire ini menghabiskan biaya produksi sekitar US$15 juta atau setara dengan 10 kali lipat biaya produksi lima iklan dengan durasi 30 detik. Film dirilis satu per satu, dan karena melibatkan sutradara yang berbeda, tiap film memiliki suara dan cita rasa yang unik. Alur cerita film menjadi kunci utama agar mendapat respons positif dari industri media.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: