Posted by: retarigan | December 2, 2015

SINGAPORE AIRLINES: PERJALANAN MENJADI PERUSAHAAN KELAS DUNIA


Singapore Airlines 01

Singapore Airlines 01

Setiap industri memiliki sifat dan karakternya masing-masing. Pembelian yang dilakukan konsumen pun bisa jadi memiliki pola berbeda. Hal ini terkait dengan sejumlah aspek, seperti intensitas pembelian, pemakaian, kompetisi yang ada di industri, dan berbagai faktor lain. Dalam industri penerbangan yang bergerak di bidang jasa, kualitas sangat ditentukan oleh pelayanan yang diberikan. Preferensi konsumen sangat ditentukan oleh nilai produk yang dirasakan dibandingkan dengan uang yang dikeluarkan. Sangatlah penting memperhatikan pengalaman konsumen saat pertama kali menggunakan jasa maskapai penerbangan karena hal ini akan menentukan apakah mereka akan melakukan pembelian ulang atau tidak. Karena sifatnya ini, pemain baru yang masuk ke industri harus sabar dan konsisten meraih kepuasaan sebelum akhirnya kepercayaan konsumen.

Singapore Airlines 02

Singapore Airlines 02

Singapore Airlines dikenal sebagai salah satu maskapai penerbangan dengan kualitas pelayanan terbaik di dunia. Maskapai penerbangan ini berhasil meraih predikat itu dalam waktu 12 tahun, yang dalam industri ini relatif singkat. Singapore Airlines berhasil mengombinasikan ambisi, efisiensi, dan kualitas pelayanan kepada konsumen yang berasal dari berbagai latar belakang budaya. Maskapai penerbangan ini juga merupakan contributor besar bagi negara Singapura. Dalam sektor tenaga kerja, satu dari 80-90 orang Singapura bekerja untuk Singapore Airlines. Mari kita simak sedikit sejarah Singapore Airlines.

Singapore Airlines 03

Singapore Airlines 03

Industri penerbangan Singapura memulai kegiatan operasional pada tahun 1947 dengan melayani tiga penerbangan dalam seminggu antara Singapura dan tiga kota di Malaysia. Maskapai ini terus mengalami pertumbuhan dan berekspansi ke negara-negara ASEAN lain, seperti Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Brunei. Pada tahun 1963 maskapai menetapkan nama Malaysia Airways Limited sebagai merek perusahaan dan dimiliki oleh BOAC, Qantas, serta pemegang saham minoritas lainnya.

Singapore Airlines 04

Singapore Airlines 04

Perubahan besar terjadi pada tahun 1966, ketika pemerintah Malaysia dan Singapura mengakuisisi mayoritas saham dan mengambil kendali perusahaan. Perusahaan pun mengubah nama menjadi Malaysia-Singapore Airlines (MAS). Rute penerbangan diperluas hingga melayani Taiwan, Jepang, dan Australia. Pada masa ini perusahaan berusaha meningkatkan standar pelayanan. MSA mencoba berekspansi ke benua Eropa dan menjadi jembatan udara bagi penumpang Eropa yang melawat ke Asia Tenggara.

Singapore Airlines 05

Singapore Airlines 05

Pada tahun 1971 pemerintah Malaysia dan Singapura memiliki perbedaan pendapat. Malaysia ingin maskapai tetap melayani operasi domestik yang terhubung dengan area sekitarnya. Sementara itu, Singapura ingin maskapai digunakan sebagai alat investasi dan alat pendukung untuk menjadikan negara ini pusat perdagangan dan komunikasi di kawasan tersebut. Akhirnya pada bulan Oktober 1972 kondisi ini berujung dengan dipecahnya MSA menjadi dua maskapai penerbangan, yaitu Malaysia Airlines System (MAS) dan Singapore Airlines (SIA). Salah satu kesepakatannya adalah semua pesawat jet Boeing dan sebagian besar rute internasional diserahkan kepada Singapore Airlines.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: