Posted by: retarigan | December 2, 2015

SONY: WALKMAN YANG MENGGUNCANG DUNIA


Sony 01

Sony 01

Sony merupakan merek yang sering kita dengar dalam keseharian, terutama terkait dengan perangkat elektronik. Pada awalnya, Sony dibangun dari toko perbaikan radio yang didirikan oleh Masuru Ibuka dan Akio Morita setelah Perang Dunia II. Sony mulai terjun dalam produksi perangkat elektronik pada tahun 1957, dimulai dengan produksi transistor radio ukuran saku. Sony sendiri diambil dari kata dalam bahasa Latin, “sonus”. Yang berarti “suara”. Kemudian Sony mengembangkan transistor untuk televise dan perekam suara kaset.

Pada tahun 1979 Sony berinovasi menciptakan pemutar musik yang bersifat portable dan ditujukan untuk penggunaan personal. Perangkat ini merupakan salah satu legenda inovasi produk yang dikenal dengan nama Walkman. Sony menjadi market keader di industri elektronik dan menjadi perusahaan Jepang pertama yang memperdagangkan saham di bursa efek New York.

Sony 02

Sony 02

Walkman segera menjadi tren di masyarakat dan mengubah cara kita mendengarkan musik sampai dengan sekarang. Awalnya produk ini dibuat atas permintaan langsung dari Masaru Ibuka pada akhir bulan Februari 1979. Saat itu Ibuka membutuhkan alat untuk mendengarkan musik ketika melakukan penerbangan internasional, terutama dalam perjalanan jarak jauh yang memakan waktu lama.

Ia menyampaikan hal ini kepada Norio Ohga yang saat itu menangani bagian audio perusahaan. Kemudian Ohga meneruskan permintaan tersebut kepada Kozo Ohsone yang menjabat sebagai general manager di divisi tape recorder. Situasi yang dihadapi Ohsone saat itu sebenarnya cukup sulit karena ia hanya diberi waktu empat hari kerja sebelum Ibuka melakukan perjalanan udara ke Amerika Serikat.

Sony 03

Sony 03

Ohsone membentuk tim kecil dan mencoba memodifikasi produk perekam buatan Sony yang didesain untuk kalangan jurnalis dan dikenal dengan Pressman. Ohsone mengganti alat perekam dan speaker dengan amplifier stereo dan sirkuit stereo, kemudian menghubungkannya ke headphone. Inilah produk purwarupa pertama Walkman yang kemudian melegenda.

Meskipun baru dalam versi purwarupa, kualitas suara yang dihasilkan alat ini cukup mengejutkan. Ibuka membawa alat ini dan mendengarkannya selama perjalanan. Ia sangat puas dengan kualitas suara yang dihasilkan. Setelah kembali ke Tokyo ia memperlihatkan alat ini kepada Akio Morita pada suatu acara makan malam resmi. Baru mendengar sebentar Akio sangat terkejut dan tertawa keras karena tidak menyangka kualitas suara yang sangat baik dapat dihasilkan oleh perangkat ini.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: