Posted by: retarigan | December 4, 2015

SUZUKI: SAMURAI VS. MEDIA


Suzuki 01

Suzuki 01

Perseteruan antara satu perusahaan dan perusahaan lain atau perusahaan dengan media publikasi mungkin saja terjadi. Sering kali respons antar-pihak menjadi sangat penting karena dapat menentukan nasib perusahaan atau lembaga terkait pada masa mendatang. Pengalaman Suzuki dalam menghadapi publisitas yang buruk terhadap salah satu produknya merupakan salah satu kisah yang bagus untuk dipelajari.

Kisah ini berawal pada tahun 1985, ketika produk mobil Suzuki Samurai pertama kali dipasarkan di Amerika Serikat. Karena harga terjangkau dan daya tahan yang baik produk ini cukup digemari konsumen. Awalnya produk diimpor sebanyak 1.200 unit per bulan, kemudian meningkat menjadi 8.000 unit per bulan. Pada akhir tahun 1985, produk ini berhasil terjual sebanyak 47.000 unit dan dalam tempo waktu tiga tahun terjual 150.000 unit. Suzuki Samurai pun berhasil menjadi produk dengan penjualan terbaik pada tahun pertama untuk perusahaan Jepang saat itu.

Suzuki 02

Suzuki 02

Namun, pada tahun 1988 majalah Consumer Reports di Amerika Serikat menyerang produk Suzuki tipe Samurai itu – yang di Indonesia kita kenal dengan Suzuki Katana atau Jimmy. Ini adalah produk pertama yang menurut Consumer Reports tidak layak dipasarkan dan sebaiknya ditarik dari pasaran. Hal in merupakan isu yang sangat vital bagi Suzuki karena Samurai adalah produk satu-satunya Suzuki yang ada di pasaran Amerika Serikat saat itu. Apabila penarikan benar-benar dilakukan, hal itu dapat membahayakan kelanjutan operasional Suzuki di Amerika Serikat.

Suzuki 03

Suzuki 03

Kasus ini bermula ketika majalah Consumer Reports mengeluarkan laporan yang didukung video yang menunjukkan bahwa Suzuki Samurai tidak stabil. Hal ini dijabarkan majalah pada suatu konferensi pers yang mengundang berbagai media. Terkait konferensi pers tersebut American Suzuki Motor Corporation dan Konsultan PR Roger & Associates mengambil langkah antisipatif dengan mengutus beberapa staf untuk menghadiri acara dan mendistribusikan pengumuman kepada media, yang isinya menyatakan bahwa perusahaan memberikan respons melalui satelit sehingga konsumen dan media dapat mendengar kasus ini dari dua sisi.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: