Posted by: retarigan | December 5, 2015

BURGER KING: RAJA YANG MENCARI MAHKOTA


Burger King 01

Burger King 01

Tahun 1960 dianggap sebagai awal menguatnya industri makanan cepat saji terutama restoran dengan sistem waralaba. Gaya hidup masyarakat Amerika Serikat juga berubah mengikuti pola hidup yang cepat, ditandai dengan berkembangnya daerah pinggiran kota, mobil, dan televisi. Cikal bakal Burger King sendiri bermula pada tahun 1953, saat Keith J. Kramer dan Matthew Burns mendirikan usaha bernama Insta-Burger King di Jacksonville, Florida. Perusahaan kecil ini sebenarnya memperoleh pendapatan dengan menjual perangkat memasak burger. Karena terbukti cukup efektif, produk ini cukup digemari dan mulai berkembang di daerah sekitar Jacksonville.

Burger King 02

Burger King 02

Pada saat bersamaan, James McLamore dan David R. Edgerton sedang mencari-cari peluang bisnis. Mereka mendapat inspirasi setelah mengunjungi salah satu outlet McDonald’s di California. Menurut mereka, bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar, terutama karena sistem produksi inovatif yang mengadopsi sistem perakitan produk seperti di pabrik, tapi disesuaikan untuk konsep rumah makan. Mereka memutuskan membeli lisensi untuk memaknai Insta-Burger King, peralatan yang dibutuhkan dalam sistem produksi. Setelah mendapatkan peralatan yang dibutuhkan, outlet pertama Burger King pun didirikan pada tanggal 4 Desember 1954 di Miami. Salah satu hal pertama yang dilakukan adalah melakukan rebranding perusahaan menjadi Burger King.

Burger King 03

Burger King 03

Insting James dan David terbukti. Perusahaan dapat memaksimalkan peluang yang ada dan berhasil mengembangkan perusahaan menjadi 40 lokasi pada tahun 1955. Pada tahun 1959, Insta-Burger King mengalami kesulitan finansial. Untuk memastikan ketersediaan peralatan, James dan David memutuskan membeli perusahaan ini.

Burger King 04

Burger King 04

Permintaan akan makanan cepat saji turut meningkat pada masa itu, karena usaha ini memang terbilang cukup inovatif saat itu. Selain cepat dan praktis, perusahaan-perusahaan dengan konsep ini dapat membangun jaringan produksi dengan sangat baik. Burger King tidak ingin kehilangan momentum pertumbuhan pasar ini dan mencoba memaksimalkan peluang yang ada. Pada tahun 1958, Burger King mulai membuat iklan televisi yang awalnya ditayangkan oleh stasiun televisi lokal di Miami. Penggunaan televisi sebagai media utama untuk berpromosi dipertahankan sampai sekitar lima dekade. Agar operasionalisasi perusahaan dapat menjangkau wilayah yang lebih luas dan lebih cepat, Burger King mulai mengadopsi sistem waralaba. Ekspansi secara geografis pun dilakukan ke berbagai wilayah ke seluruh Amerika Serikat dan pasar internasional. Industri makanan cepat saji mengalami peningkatan yang sangat pesat pada akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an. Persaingan antar rumah makan memperebutkan pangsa pasar berlangsung sangat sengit. Untuk pasar di luar Amerika Serikat, Burger King memulainya dengan membuka restoran di Puerto Rico yang merupakan restoran Burger King pertama di luar Amerika Serikat.

Burger King 05

Burger King 05

Burger King merupakan salah satu jaringan restoran terbesar di Amerika Serikat dan berada pada jalur yang tepat untuk menjadi produsen fast food yang sukses. Burger King mencoba mendorong pencitraan perusahaan lewat program iklan. Pada akhir 1960-an perusahaan mampu membeli slot iklan televisi. Produk unggulan Burger King yang sering ditonjolkan adalah Whopper, dengan slogan dan jingle “The Bigger the burger, the better the burger.

Burger King 06

Burger King 06

Namun, walaupun memiliki ambisi yang besar untuk melakukan ekspansi, perusahaan tidak dapat melanjutkan ekspansi tanpa sokongan dana yang kuat. Untuk itu Burger King mengadakan merger dengan Pillsbury agar mendapat suntikan dana untuk melanjutkan ekspansi. Namun, setelah merger berhasil dilakukan, Pillsbury tidak melanjutkan rencana ekspansi, padahal saat itu McDonald’s sedang melakukan ekspansi dengan gencar. Di sisi lain Burger King tidak dapat banyak berubah.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: