Posted by: retarigan | December 7, 2015

CATERPILLAR: KEBERHASILAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PERUSAHAAN


Caterpillar 01

Caterpillar 01

Banyak perusahaan B2B yang ingin memiliki positioning jelas seperti Caterpillar. Caterpillar adalah perusahaan yang merancang, mem  produksi, memasarkan, serta menjual berbagai jenis mesin dan peralatan berat. Selain itu, perusahaan juga memiliki lini bisnis dalam produk finansial dan asuransi dengan konsumen di seluruh dunia. Saat ini, Caterpillar dikenal sebagai produsen terbesar peralatan pertambangan, konstruksi, diesel, dan berbagai mesin. Banyak hal menarik bisa kita lihat dari perjalanan yang telah dilalui Caterpillar.

Caterpillar 02

Caterpillar 02

Kisah ini bermula antara tahun 1880 sampai dengan 1890-an, pada era akhir koboi dan perburuan emas di California. Saat itu banyak masyarakat yang mulai meningkatkan penghasilan dari hasil pertanian dan perkebunan. Untuk menghasilkan output yang lebih besar, berbagai usaha pengembangan dilakukan, salah satunya pengembangan berbagai peralatan untuk mengolah lahan pertanian. Untuk menggarap tanah saat itu petani menggunakan bantuan tenaga kuda. Namun, karena sejumlah keterbatasan output yang dihasilkan tidak selalu maksimal.

Benjamin Holt dan Daniel Best menangkap peluang itu serta mulai mengembangkan peralatan yang dapat digunakan untuk menggarap lahan. Apa yang dilakukan kedua tokoh ini ternyata berpengaruh besar dalam sejarah industri Amerika. Tanpa disadari pengembangan yang mereka lakukan tidak hanya berguna dalam dunia agrikultur tapi juga pembangunan jalan dan transportasi militer.

Caterpillar 03

Caterpillar 03

Benjamin Holt berusaha membuat alat untuk mengatasi permasalahan yang banyak dihadapi petani saat itu. Banyak petani yang memiliki lahan luas, tapi tidak memiliki peralatan yang cukup dapat diandalkan untuk menggarap tanah. Maka dari itu, Benjamin dan Daniel berusaha membuat traktor yang dapat diandalkan dengan biaya pemeliharaan relatif lebih murah dibanding peralatan lain yang ada di pasaran. Pada hari raya Thanksgiving tanggal 24 November 1904 mereka berhasil melakukan uji coba produk purwarupa pertama. Saat uji coba itu salah satu fotografer perusahaan yang bernama Charles Clements mengamati cara kerja mesin dan memiliki pandangan bahwa mesin itu berjalan seperti ulat. Benjamin mendengar pendapat itu dan akhirnya menentukan ulat – yang dalam bahasa Inggris disebut “caterpillar” – sebagai nama produk.

Caterpillar 04

Caterpillar 04

Dua tahun setelahnya Benjamin berhasil menjual mesin traktor bertenaga uap pertamanya seharga US$5.500. Tak lama kemudian, tepatnya pada tanggal 7 Desember 1907, Benjamin mendaftarkan dua hak paten yang digunakan dalam produknya. Sejak saat itu, secara perlahan Caterpillar membangun reputasinya di dunia agrikultur.

Nama perusahaan kembali terangkat pada masa Perang Dunia I karena dianggap berhasil memberi dukungan yang cukup signifikan pada pihak sekutu. Sesaat sebelum Amerika Serikat resmi terlibat dalam perang Caterpillar mengirimkan 1.200 traktor ke Inggris, Prancis, dan Rusia dengan tujuan awal membantu dunia agrikultur.

Caterpillar 05

Caterpillar 05

Namun, setelah perang dimulai, traktor-traktor ini banyak digunakan untuk menarik artileri dan pasokan berbagai perlengkapan militer. Traktor ini juga memberi inspirasi Inggris dalam kerangka pembuatan mesin tank. Setelah Amerika Serikat terlibat perang, permintaan dari dunia militer semakin meningkat, memaksa Benjamin mengembangkan kapasitas produksi.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: