Posted by: retarigan | December 8, 2015

CHEVROLET: AMBISI MEREBUT PASAR


Chevrolet 01

Chevrolet 01

Masih ingat Chevrolet? Pada beberapa dekade lalu Chevrolet adalah produsen otomotif terbesar di Amerika Serikat. Pada tahun 1986 Chevrolet menjual 1.718.839 unit. Chevrolet mencoba memanfaatkan kekuatan merek untuk mendorong penjualan produk. Namun, kini angka penjualan Chevrolet jauh dibawah merek-merek lain, baik dari dunia Barat maupun Timur.

Chevrolet 02

Chevrolet 02

Perusahaan ini bermula pada tahun 1910-an, saat salah satu petinggi General Motors (GM) bernama William Crapo Durant dikeluarkan dari perusahaan karena menyebabkan masalah finansial pada perusahaan setelah proses akuisisi Ford. Padahal ia sangat berkeinginan memiliki Ford dalam portofolio bisnis perusahaan.

Chevrolet 03

Chevrolet 03

Sadar bahwa keinginannya tidak tercapai, William menggandeng salah satu pembalap ternama saat itu, Louis Chevrolet. Nama belakang Louis inilah yang kemudian dijadikan nama perusahaan, dengan pertimbangan nama itu sudah dikenal orang banyak sehingga diharapkan dapat berdampak positif terhadap citra produk. Mengenai lambing perusahaan, terdapat dua versi cerita. Pertama, lambang yang menyerupai salib ini dirancang William Durant setelah melihat hiasan dinding di salah satu hotel di Prancis. Menurut versi lain, simbol salib ini diadaptasi dari lambang bendera Swiss, sebagai bentuk penghormatan pada negara asal orangtua Louis.

Chevrolet 04

Chevrolet 04

Sejak awal Chevrolet memang sengaja dibuat untuk menjadi produk tandingan dari Model-T yang legendaris dari Ford. Produk pertama perusahaan berhasil diluncurkan pada tahun 1912, berupa mobil yang lebih murah dari produk Ford. Chevrolet mengambil langkah tepat dalam hal penentuan waktu peluncuran produk dan kebijakan harga, terbukti produk ini langsung mendapat perhatian masyarakat banyak.

Chevrolet 05

Chevrolet 05

Setelah model pertama, Chevrolet tetap mengembangkan produk yang dimaksudkan menjadi produk tandingan langsung produk-produk Ford. Perusahaan berhasil meningkatkan penjualan selama beberapa tahun dan cukup sukses di industri.

Chevrolet 06

Chevrolet 06

Pada tahun 1915 Durant melakukan pembelian terhadap sejumlah saham GM. Tercatat pada tanggal 23 Desember 1915 pemegang saham Chevrolet meningkatkan kapitalisasi saham dari US$20 juta menjadi US$80 juta, dengan 60 juta di antaranya digunakan untuk membantu Durant membeli saham GM. Setelah memiliki proporsi saham yang cukup untuk mengendalikan GM, Durant kembali mengambil tampuk kepemimpinan. Durant pun menjadikan Chevrolet salah satu anak perusahaan GM.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: