Posted by: retarigan | December 10, 2015

001 Tylenol (dulu) Pencabut Nyawa


Tylenol 01

Tylenol 01

Nama merek terutama merek dari market leader industri tersebut biasanya dikenal konsumen banyak karena biasanya dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Contohnnya pasta gigi Pepsodent di Indonesia yang dikenal oleh banyak sekali masyarakat di berbagai kalangan. Kedua, bila terjadi permasalahan, biasanya dalam jangka pendek akan langsung mempengaruhi penjualan produk market share dan dalam jangka panjang mempengaruhi mind share dan heart share.

Salah satu kasus pemasaran yang terkenal sampai saat ini adalah kasus dimana Tylenol dilanda masalah besar pada tahun 1980-an. Holding company yang menangani merek ini juga adalah perusahaan internasional Johnson & Johnson yang telah memiliki reputasi yang baik di industri consumer goods. Tylenol telah berhasil merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran dalam industri dan berhasil meraih 37 persen  pangsa pasar.

Tylenol 02

Tylenol 02

Pada masa ini, kompetitor langsung dari Tylenol berusaha mati-matian mempertahankan mereknya melawan produk yang satu ini. Excedrin, Anacin, dan Bayer adalah sebagian pemain yang melawan dengan hebatnya dalam industri ini. Namun secara perlahan, Tylenol berhasil meraih reputasi yang bagus baik di kalangan farmasi maupun konsumen. Tylenol telah berhasil meraih kepercayaan dari stakeholder (pemangku kepentingan) di masa itu.

Tylenol merancang berbagai taktik agresif dalam menghadapi persaingan untuk mendominasi industri. Salah satu caranya melalui jalur pengadilan, Johnson & Johnson seringkali mempermasalahkan mengenai merek. Dengan cara ini, seringkali langkah ini melemahkan daya saing kompetitor dalam jangka waktu satu sampai dua tahun. Salah satu contohnya  Johnson & Johnson mengajukan gugatan pada merek Anacin atas pelanggaran merek dan iklan. Setiap gugatan Johnson & Johnson memenangkan gugatan dan hal ini berhasil menahan pergerakan pesaing dalam industri. Salah satu ahli pemasaran saat itu bahkan menyebut bahwa Johnson & Johnson telah berhasil menambahkan satu “P” tambahan pada marketing mix yaitu “plaintiff” yang bila diterjemahkan bebas berarti penggugat.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: