Posted by: retarigan | December 13, 2015

USAHA NISSAN DALAM REBRANDING DATSUN


Datsun 01

Datsun 01

Perusahaan otomotif ini mulai didirikan pada tahun 1918. Awalnya perusahaan ini dinamakan Datson, akronim dari the son of Dat, sekaligus akronim nama tiga penyokong dana perusahaan saat itu: Den, Aoyama, dan Takeuchi. Namun, setelah beberapa lama nama itu diubah menjadi Datsun karena perusahaan mengkhawatirkan persepsi konsumen yang buruk. Dalam bahasa Jepang datson berarti kehilangan uang. Sayangnya perjalanan perusahaan tidak begitu mulus dan produksinya sempat terhambat saat Perang Dunia II.

Datsun 02

Datsun 02

Perusahaan kembali memproduksi mobil setelah Perang Dunia II dengan nama Nissan dan mengalami perkembangan yang cukup baik. Namun, saat memasuki pasar Amerika, perusahaan justru memakai nama Datsun dengan alasan meminimalisi hubungan dengan Jepang. Pada pertengahan 1960-an merek Datsun cukup dikenal masyarakat Amerika Serikat dan konon mulai mengancam posisi Volkswagen di pasaran. Hal ini dapat diamati dari pertumbuhan penjualan sebesar 150 persen antara tahun 1966-1967. Menurut pengamat, saat itu Datsun dapat menjual 3.000 produk per bulan di pasar Amerika Serikat. Datsun memang dianggap menawarkan produk yang lebih menarik daripada Volkswagen dengan harga tidak terlampau jauh. Di Amerika Serikat sendiri, Datsun dianggap sebagai mobil yang terkenal akan reliabilitasnya.

Datsun 03

Datsun 03

Walaupun begitu, dalam hal interior Datsun memang dianggap kurang memberikan kenyamanan bagi konsumen negara Barat. Desain jok mobil dianggap kurang ergonomis, atap kendaraan relatif lebih pendek dari mobil sejenis, ruang bagasi terbilang relatif sempit, dan konsumen juga sering kali mengalami kesulitan saat akan memasuki mobil melalui pintu belakang. Bila diperhatikan, perusahaan tidak mempertimbangkan bentuk fisik orang Barat yang cenderung lebih tinggi dibandingkan orang Timur.

Datsun 04

Datsun 04

Biar bagaimanapun produk Datsun dianggap tahan banting saat digunakan. Konsumen jarang sekali menemui permasalahan pada pemakaian sehari-hari asalkan melakukan perawatan rutin yang dibutuhkan. Sebagai catatan, teknologi mobil saat itu masih terus berkembang terutama dari sisi kualitas dan daya tahan mesin. Banyak mobil yang menghadapi permasalahan dari sisi performa untuk pemakaian rutin. Selain itu, produk keluaran Datsun dianggap relatif lebih irit dan tidak banyak memakan ruang parkir karena badan mobilnya yang dirancang agak kecil. Intinya, Datsun memang dirancang memiliki positioning “value for money car”.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: