Posted by: retarigan | December 16, 2015

DJI SAM SOE: MEREK WARISAN ZAMAN BELANDA


Dji Sam Soe 01

Dji Sam Soe 01

Dji Sam Soe adalah satu dari sedikit merek di Indonesia yang mampu terus meraup kesuksesan dalam kurun waktu sangat lama. Selama lebih dari 90 tahun produk ini mampu bertahan dan secara konsisten menjadi produk laris di pasaran. Selama bertahun-tahun produk ini menjadi “King of Kretek” dan menjadi tulang punggung HM Sampoerna, terutama sebelum diakuisisi oleh Philip Morris. Dji Sam Soe juga telah menemani perjalanan perusahaan selama empat generasi.

Dji Sam Soe 02

Dji Sam Soe 02

Kesuksesan sebuah merek rokok memang biasanya terletak pada rasa. Namun, yang lebih penting dari faktor tersebut adalah kemampuannya menjaga konsistensi. Dalam hal rasa dan konsistensi, Dji Sam Soe adalah pemimpin pasar untuk kategori SKT (Sigaret Kretek Tangan). Perlu diketahui bahwa saat perusahaan berdiri, konsumen harus melinting rokok sendiri. Dengan demikian konsep SKT, yaitu rokok yang telah dilinting oleh kalangan profesional, tentu menawarkan kepraktisan.

Dji Sam Soe 03

Dji Sam Soe 03

Kepercayaan konsumen yang tinggi pada merek ini menjadikannya ikon tersendiri bagi perokok kretek. Rokok ini dianggap berada di tingkatan tertinggi dalam kerasnya rasa. Kepadatan tembakau, ditambah tidak digunakannya filter, membuat rokok ini menempati kelas khusus sebagai kreteknya perokok sejati.

Dji Sam Soe 04

Dji Sam Soe 04

Pemilihan nama Dji Sam Soe pun tidak dilakukan sembarangan. Dji Sam Soe diambil dari bahasa Hokkien untuk angka 2, 3, dan 4. Hasil penjumlahan ketiga angka itu adalah “angka keramat” perusahaan (2+3+4=9). Pada kemasan, tertera bahasa Jawa, Arab, dan Belanda, juga gambar bintang yang berjumlah Sembilan. Bahkan jumlah sudut setiap bintang itu pun sembilan.

Untuk mempertahankan citra klasiknya, selama puluhan tahun kemasan Dji Sam Soe tetap mempertahankan versi awal. Dji Sam Soe dianggap sebagai representasi paripurna dari generasi pertama Sampoerna, terutama pendiri perusahaan Liem Seeng Tee.

Dji Sam Soe 05

Dji Sam Soe 05

Dji Sam Soe adalah merek langka di Indonesia yang mampu bertahan, bahkan semakin perkasa dari zaman ke zaman. Merek yang tidak lapuk oleh waktu selama hampir satu abad dan tangguh menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat. Dari zaman ke zaman rokok lokal termahal ini selalu disediakan para pedagang rokok karena memberikan margin yang tinggi. Sebagian dari mereka menyebut Dji Sam Soe sebagai “Sang Penyelamat” karena terbukti di tengah naik turunnya perekonomian, rokok ini tetap menjadi tumpuan dalam menghadapi kemunduran usaha perdagangan mereka. Bahkan pada era 1930-an sampai dengan 1940-an Dji Sam Soe pernah menjadi mata uang di kalangan pedagang karena nilainya dianggap lebih stabil dibandingkan mata uang resmi yang berlaku saat itu.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: