Posted by: retarigan | December 16, 2015

DOVE: KEBERHASILAN MEMBANGUN ASOSIASI MEREK YANG KUAT


Dove 01

Dove 01

Kita tentu tak asing dengan iklan Dove yang memuat testimoni para pemakainya. Ternyata konsep promosi ini telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Mari kita kilas balik sedikit perjalanan merek ini dari awal berdirinya.

Dove dikembangkan pada masa pasca Perang Dunia II oleh Lever Brothers. Produk ini agak berbeda

Dove 02

Dove 02

dengan sabun karena mengandung molekul dengan kadar PH netral, tidak mengiritasi elemen alkaline pada kulit, tapi dilengkapi dengan zat pembersih. Bila digunakan secara teratur, produk akan memberikan rasa yang berbeda pada kulit.

Awalnya produk ini dikembangkan di Belanda, terutama ketika Unilever membeli pabrik sabun di negera kincir angin itu pada tahun 1955. Setelah mendapat respons positif, Unilever membawa produk ini ke

Dove 03

Dove 03

pasar Amerika Serikat dan memperkenalkannya secara nasional pada tahun 1957. Produk ini memiliki positioning sebagai pembersih kecantikan – bukan sabun – dengan seperempat bagian berupa krim pembersih. Krim inilah yang ditonjolkan dalam membentuk asosiasi produk, dan sejak tahun 1957 sampai saat ini asosiasi serta positioning ini tidak mengalami perubahan signifikan.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: