Posted by: retarigan | December 16, 2015

ENERGIZER: MELAHIRKAN KELINCI TAHAN LAMA


Energizer 01

Energizer 01

Beberapa jenis produk sehari-hari yang sering dibeli memiliki cara pemasaran yang berbeda dengan produk lain. Karena seringnya melakukan pembelian, perilaku konsumen terpola dengan sangat baik sehingga pembelian produk kadang dilakukan secara otomatis. Konsumen akan membeli produk dengan ukuran dan merek yang sama dengan sebelumnya. Apa contoh produk semacam ini? Sebutlah pasta gigi, sikat gigi, dan sabun cuci. Sebagian besar memang tergolong sebagai convenience goods yang sering dibeli. Karena perilaku konsumen ini, sulit bagi perusahaan yang baru masuk ke pasar dan yang bukan market leader untuk menggeser posisi pemain yang berada di puncak.

Energizer 02

Energizer 02

Hal inilah yang beberapa waktu lalu dialami oleh Eveready, dengan Energizer sebagai salah satu produknya. Cikal bakal teknologi alkaline yang digunakan oleh Evergizer bermula dari penelitian yang dilakukan Jerman pada masa Perang Dunia II. Awalnya hasil penelitian ini akan digunakan untuk menyokong kebutuhan operasional beberapa peralatan perang. Namun setelah perang, teknologi ini dbawa ke Amerika Serikat untuk disempurnakan kembali. Selama beberapa tahun berikutnya perusahaan terus melakukan pengembangan produk, baik dari segi ukuran maupun daya tahan produk.

Energizer 03

Energizer 03

Pada sekitar tahun 1989 Eveready berupaya meningkatkan awareness konsumen terhadap merek produk Energizer. Langkah ini dilakukan terutama untuk memberi perlawanan pada pesaing terkuatnya, Duracell. Perusahaan merasa peningkatan brand awareness merupakan elemen penting untuk meningkatkan pangsa pasar Energizer. Dengan tingkat awareness yang cukup, konsumen menyadari eksistensi Energizer dan mungkin suatu saat akan bersedia membelinya. Setelah mencoba, diharapkan konsumen akan beralih menggunakan Energizer. Untuk maksud tersebut manajemen membutuhkan sesuatu yang dapat menarik perhatian konsumen, sekaligus memperlihatkan keandalan produk Energizer.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: