Posted by: retarigan | December 20, 2015

Tarian Nike dengan Konsumen


Nike 01

Nike 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan  100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Nike 02

Nike 02

Nike merajai pasar sepatu lari dengan kinerja sangat baik yang tercermin pada market share-nya sebesar 31 persen dan tingkat penjualan sebesar 270 juta dolar pada tahun 1983. Namun setahun kemudian, market share Nike turun menjadi 26 persen dan turun lagi menjadi 18.6 persen pada tahun 1987. Penurunan yang cukup signifikan mengingat pasar sepatu adalah kategori yang menarik di mata produsen pada masa itu. Hal ini menjadi fokus perhatian Nike dan produsen yang bergerak pada kategori produk yang serupa pada era 1980-1990 an.

Nike 03

Nike 03

Ada beberapa faktor dalam lingkungan industri yang menyebabkan perubahan pasar saat itu. Pertama, mengenai demografi konsumen terutama pada konsumen era baby boomers. Pertumbuhan pada konsumen generasi ini semakin lambat karena sebagian besar konsumen potensial telah masuk ke pasar. Padahal konsumen generasi ini memberikan sumbangan terbesar pada pasar. Selain itu pasar sepatu lari menjadi lebih tersegmentasi sehingga membuat produsen harus lebih cermat memerhatikan kebutuhan, tujuan dan nilai yang dimiliki konsumen. Dan yang terakhir sebagian konsumen mulai merubah pilihan pada olahraga yang melibatkan lebih banyak bagian badan sehingga minat pada olahraga lari semakin berkurang.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: