Posted by: retarigan | December 21, 2015

FEDEX: HASRAT UNTUK MENJADI RAKSASA


FedEx 01

FedEx 01

Kisah ini bermula pada tanggal 17 April 1973, hari ketika Federal Express – yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan FedEx – mengoperasikan shift malam pertamanya. Saat itu perusahaan sedang mengurus 186 paket, memuatnya ke 14 pesawat kecil, dan mengirimkannya ke 25 kota di Amerika Serikat. Pada malam itu, secara fakta FedEx menjadi perusahaan transportasi pertama yang melakukan pengiriman pada malam hari. Kurang lebih 32 tahun kemudian, perusahaan mampu menangani pengiriman ke 215 negara setiap hari.

FedEx 02

FedEx 02

Sama seperti Google, FedEx menjadi kata kerja sendiri di Amerika. FedEx mencapai kesuksesan luar biasa pada tahun 1970 setelah menjadi pionir perusahaan distribusi paket dan logistik yang cepat. Namun, setelah berhasil menguasai pasar Amerika Serikat, pertumbuhan bisnis FedEx melambat. Hal ini dikarenakan kompetitor FedEx yaitu United Parcel Service (UPS) menyediakan layanan serupa pada tahun 1982. Untuk produk substitusi, industri pengiriman paket juga ditekan dengan semakin populernya penggunaan mesin faksimili pada saat itu. Karena itulah FedEx memutuskan menggapai peluang baru di luar pasar yang telah dilayani.

FedEx 03

FedEx 03

Pengiriman paket internasional telah menjadi salah satu bisnis perusahaan sejak awal tahun 1980-an. Antara tahun 1983 sampai dengan 1980-an FedEx melakukan lebih dari 20 akuisisi perusahaan secara internasional, mulai dari jasa kurir sampai dengan operasional truk. Sayangnya, pesaing internasional seperti DHL dan TNT memberikan perlawanan sengit di beberapa pasar, terutama di Eropa.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: