Posted by: retarigan | December 23, 2015

MasterCard Membuat Gol di Piala Dunia


MasterCard 01

MasterCard 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan  100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

MasterCard 02

MasterCard 02

Mastercard didirikan pada tahun 1966 dengan tujuan menyediakan kartu kredit untuk bank yang bukan bagian dari sistem Bank Amerika (bank-bank di bawah Bank Amerika dilayani oleh Visa). Pada waktu itu MasterCard masih sulit bersaing dengan Visa, faktanya pada tahun 1993 volume penggunaan MasterCard hanya sebesar 60 persen dari Visa. Dalam beberapa tahun terakhir pada masa itu, MasterCard mengalami penurunan terus menerus. Di sisi lain, pemain ketiga di pasar yaitu American Express masih belum dapat memberikan perlawanan dengan volume transaksi hanya setengah dari MasterCard.

MasterCard 03

MasterCard 03

Kekuatan Visa saat itu sangat kuat di pasar konsumen. Mereka memiliki tagline “Everywhere you want to be” yang memperkuat asosiasi atribut penting yang harus dimiliki kartu kredit  yaitu tersedia di banyak tempat dan tersedia di pasar global. Saat itu Visa memiliki even Olimpiade, perusahaan menjadi sponsor even internasional ini mulai dari tahun 1986. Momen ini memiliki peranan penting dalam mengangkat merek perusahaan karena selain menjangkau masyarakat luas, juga berkaitan dengan rasa patriotism dan terkait dengan rasa emosional sehingga dipastikan banyak penonton dari berbagai negara akan mengikuti acara tersebut.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: