Posted by: retarigan | December 27, 2015

Harley Davidson, Si Besar yang Pernah Sekarat


Harley Davidson 01

Harley Davidson 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan  100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Bila menyebut moge (motor gede), di benak Anda pasti terlintas merek Harley Davidson. Harley menjadi merek melegenda di kalangan pengendara motor selama bertahun-tahun. Namun tahukah Anda Harley pernah mengalami krisis dalam menghadapi serbuan motor Jepang pada beberapa dekade yang lalu?

Harley Davidson 02

Harley Davidson 02

Harley Davidson didirikan tahun 1903, dan menjadi produsen motor yang berhasil bertahan setelah 140 perusahaan lainnya memberhentikan produksinya.  Antara tahun 1950 an dan 1960 an, Harley Davidson menguasai pasar motor besar dan bahkan bisa dibilang sebagai pemain tunggal pasar tersebut. Namu pada sekitar tahun 1960, Jepang masuk ke dalam pasar dengan motor ringan dan didukung dengan program pemasaran besar-besaran. Hal ini menyebabkan meningkatnya permintaan akan sepeda motor. Tak lama kemudian beberapa pemain seperti Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha mulai membuat produk motor besar yang berhadapan langsung dengan Harley Davidson.

Sadar akan potensi pasar yang besar, American Machine and Foundry memutuskan untuk membeli Harley pada tahun 1969. Untuk meraup permintaan pasar yang meningkat, AMF meningkatkan kapasitas produksi menjadi 75.000 per tahun. Namun sayangnya perusahaan hanya mengejar kuantitas dan mengabaikan kualitas. Hanya sedikit budget perusahaan yang dialkokasikan untuk pengembangan. Hal ini menyebabkan Harley mengalami kesulitan menghadapi persaingan dengan motor Jepang. Hal ini membuat geram para pengendara Harley, mereka sangat ingin memperbaiki kualitas Harley.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: