Posted by: retarigan | January 14, 2016

Bersikaplah Rendah Hati


Ketika keinginan seorang pria dibatasi, akan ada kedamaian dalam pikiran. Ketika ada kedamaian di pikiran, akan ada kedamaian di dunia. – Lao Tzu (Abad ke-7-6 S.M.)

Bersikaplah Rendah Hati

Tidak ada yang lebih lembut daripada air, juga tidak ada yang dapat mengalahkannya dalam hal menembus benda-benda keras. Yang lemah mengalahkan yang kuat, yang lembut mengalahkan yang keras. Setiap orang mengetahui hal ini, tetapi tidak ada seorang pun yang dapat menerapkannya.

Seorang pria yang baik itu seperti air. Air bermanfaat bagi semua, tetapi tidak dapat bersaing di dataran tinggi. Ia bergerak di daerah yang rendah di mana tidak ada seorang pun mengaguminya. Hal ini sama seperti orang baik tinggal di tempat yang sederhana. Ia tidak memaksakan dirinya untuk maju. Ia juga tidak berjuang untuk mencapai sesuatu. Ia adalah seorang yang tenang, tulus, setia, rajin, dan penuh perasaan. Ia mendapatkan sesuatu karena ia tahu bagaimana mengambil kesempatan dan mencapai tujuannya dengan jalan yang wajar.

Mundurlah dahulu jika kau ingin maju. Berilah terlebih dahulu jika kau ingin mengambil. Rendahkan dirimu dan tempatkanlah dirimu sendiri di bawah orang lain terlebih dahulu jika kau ingin berada di atas mereka. Jika kau ingin menjadi pemimpin orang-orang, kau harus mendahulukan kepentingan mereka di atas kepentinganmu, maka mereka akan mendukungmu tanpa merasakan bobotmu di atas punggung mereka.

Laut yang besar adalah raja dari semua aliran dan sungai-sungai karena mereka mengambil posisi yang rendah.

Adopsi dari: Michael C. Tang. 2000. Kisah-Kisah Kebijaksanaan China Klasik: Inspirasi bagi para pemimpin, Gramedia Pustaka Utama. p. 408-409

–o0o–


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: