Posted by: retarigan | January 18, 2016

Indofood, Raja di Banyak Pasar


Indofood 01

Indofood 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Indofood 02

Indofood 02

Salah satu induk usaha yang tentu kita kenal di Indonesia adalah Indofood Sukses Makmur. Pada bulan Januari 1994, Hendy Gunawan direktur pemasaran Indofood saat itu melakukan review strategi pemasaran dan performa perusahaan. Evaluasi dilakukan pada empat lini produk perusahaan yang meliputi mie instan. Penjualan produk meningkat selama dua tahun awal dia menempati posisi tersebut. Angka pertumbuhan mencapai 53 persen dan 95 persen antara tahun 1991 sampai dengan 1993. Namun ia belum puas dengan kinerja ini. Saat itu perusahaan berencana untuk melakukan IPO pada akhir 1994, sehingga penting bagi perusahaan untuk memiliki kinerja yang sangat baik. Keputusan yang penting harus diambil saat itu terkait dengan produk perusahaan dan wilayah regional yang hendak menjadi target utama.

Indofood 03

Indofood 03

Perusahaan yakin bahwa tim manajemen harus mengambil keputusan penting mengenai kebijakan pengembangan produk portofolio secara keseluruhan. Saat itu pasar Indonesia memang sudah sangat besar dan banyak sekali peluang yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ke depan. Namun perusahaan tidak mungkin mengejar semua peluang semua itu dengan usaha yang sama. Kondisi pasar Indonesia secara regional memiliki kondisi yang sangat beragam. Pengembangan infrastruktur, demografi masyarakat, dan pola konsumsi berbeda satu sama lain. Sehingga penting bagi perusahaan untuk mengidentifikasi mana saja pasar yang perlu diperhatikan secara khusus dan disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan di pasar itu. Perusahaan harus memiliki prioritas dalam perencanaan untuk mencapai tujuan pendapatan dan profit perusahaan.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: