Posted by: retarigan | January 19, 2016

Duel Kodak vs Fuji di Amerika dan Jepang


Kodak dan Fuji 01

Kodak dan Fuji 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Kodak dan Fuji 02

Kodak dan Fuji 02

Kodak memang menyatakan diri bangkrut beberapa waktu yang lalu, namun beberapa tahun yang lalu Kodak memiliki kekuatan dan dominasi yang besar. Sementara pemain besar lainnya adalah Fuji yang bergerak di industri yang sama dan menjadi kompetitor langsung dari Kodak. Kedua perusahaan ini berperang dalam persaingan yang sengit di beberapa pasar dunia. Terutama pada saat Fuji masuk ke pasar Amerika.

Kodak dan Fuji 03

Kodak dan Fuji 03

Pada saat Fuji mulai menjual produk di Amerika, Kodak tidak menganggapnya serius. Kodak menganggap bahwa warna film dari Fuji memiliki tingkat cahaya yang tidak realistis. Namun bagaimanapun Fuji berhasil meningkatkan market share menjadi sekitar 10 persen di pasar Amerika pada tahun 1990. Hal ini lah yang mulai mengusik Kodak dan membuka beberapa front pertempuran dalam beberapa hal. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Perang di dunia akademik

Kodak dan Fuji 04

Kodak dan Fuji 04

Universitas Rochester berlokasi di New York, kota kelahiran Kodak. Dan selama bertahun-tahun universitas ini mendapat sokongan dana dari George Eastman, pendiri Kodak. Sebagai gambaran pada tahun 1980 an dan awal 1990 an Kodak menyuntikan dana sebesar 5 juta dollar pada universitas. Kodak juga mengirimkan beberapa karyawannya untuk studi di universitas tersebut.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: