Posted by: retarigan | January 21, 2016

ABDULSAMAD RABIU: Membangun Kerajaan Bisnis di bawah Tekanan Militer


Membangun Kerajaan Bisnis di bawah Tekanan Militer

Abdulsamad Rabiu 01

Abdulsamad Rabiu 01

Pepatah buah jatuh tak jauh dari pohon tepat menggambarkan kisah hidup Abdulsamad Rabiu. Darah pebisnis tulen mengalir mengalir dalam diri Abdulsamad Rabiu. Abdulsamad adalah anak dari salah satu pengusaha tersohor di Nigeria yakni Isyaku Rabiu. Mengikuti jejak sang ayah, Abdulsamad berhasil membangun kerajaan bisnis sendiri. Taksiran Forbes, kekayaan Abdulsamad mencapai US$ 1,4 miliar.

Kendati terlahir sebagai anak pesohor, kisah hidup Abdulsamad tak semudah yang dibayangkan. Isyaku menjadi kaya raya lewat bisnis perdagangan dan industri setelah Nigeria merdeka dari Inggris pada tahun 1960. Di tahun 1970-an, pengaruh Isyaku semakin kuat setelah masuk menjadi sponsor utama Partai Nasional Nigeria, partai  penguasa setelah pemilu tahun 1979. Namun, kehidupan keluarga Rabiu berubah drasits setelah tahun 1983.

Abdulsamad Rabiu 02

Abdulsamad Rabiu 02

Kala itu, terjadi kudeta militer di Nigeria. Tak hanya presiden berkuasa yang ditangkap, Isyaku sebagai orang dekat presiden pun turut ditahan dan diasingkan.  Penahanan Isyaku terjadi saat Abdulsamad sedang menempuh pendidikan sarjana ekonomi di Amerika Serikat (AS).

Mau tak mau, Abdulsamad pulang kampung untuk menyelamatkan bisnis sang ayah. Di umur 24 tahun, Abdulsamad harus berhadapan dengan kenyataan kondisi perusahaan yang tengah genting. Dengan pengalaman bisnis yang dangkal, Abdulsamad terpaksa mengambil alih perusahaan sang ayah. Gerak-gerik Abdulsamad pun terbatas karena kaum miiter mengawasi seluruh aset Isyaku.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: