Posted by: retarigan | January 22, 2016

Blunder Coca Cola di Masa Lalu


Coca-cola 01

Coca-cola 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Coca-cola 02

Coca-cola 02

Menarik bila kita mengamati kebijakan Coca Cola yang hampir menghancurkan perusahaan pada sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1985 Coca Cola menghentikan produk originalnya dan mulai memasarkan “New Coke” dengan rasanya yang lebih manis. Pada awal masa peluncuran, produk ini terjual dengan baik di pasaran. Namun tidak lama kemudian, penjualan menurun drastis bersamaan dengan reaksi masyarakat yang kaget. Perusahaan menerima banyak sekali surat dan lebih dari 1.500 telepon setiap harinya dari konsumen yang kecewa.

Coca-cola 03

Coca-cola 03

Sebuah gerakan yang menamakan diri “Old Cola Drinkers” melakukan protes dengan membagikan kaos dan mengancam mengajukan class action kecuali jika formula lama dikembalikan. Setelah bertahan selama tiga bulan, formula lama dipasarkan kembali dengan membawa merk “Coke Classic” dan dijual secara berdampingan di rak-rak supermarket. Perusahaan tetap mempertahankan New Coke dengan harapan produk tersebut tetap laku. Pada akhir tahun, ternyata Classic mengalahkan penjualan New Coke di berbagai supermarket dengan perbandingan 2:1.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: