Posted by: retarigan | January 24, 2016

Hasil “Operasi Plastik” IBM


IBM 01

IBM 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

IBM 02

IBM 02

Beberapa tahun yang lalu, IBM menyatakan bahwa perusahaannya adalah produsen perangkat keras dan lunak komputer. Saat itu perusahaan bekerja dengan pandangan miopia pemasaran yang kuat. IBM sangat berfokus pada produk tanpa memperhatikan pelanggannya. Ketika konsumennya berubah, IBM tidak berubah dan secara perlahan pamor perusahaan pun terus menurun. Pada awal tahun 90-an, market share dan harga saham perusahaan turun dengan tajam.

IBM 03

IBM 03

Setelah beberapa waktu terpuruk, IBM melakukan perubahan signifikan. Titik balik dimulai pada tahun 1993, saat Lou Gersnet selaku CEO baru perusahaan membuat pandangan fokus pada pelanggan. Langkah awalnya adalah meminta seluruh manajer puncak menemui pelanggan secara langsung dan membuat laporan mengenai permasalahan dan hal-hal yang menjadi prioritas pelanggan. Gersner menemukan bahwa perusahaan memiliki sistem yang memusingkan bukan saja untuk melayani pelanggannya tetapi juga untuk berhubungan dan melayani pemasok, distributor, dan pegawainya.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: