Posted by: retarigan | January 25, 2016

Masa Depan yang Dibangun Nokia


Nokia 5110

Nokia 5110

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Nokia 8110

Nokia 8110

Saat ini Nokia memang tidak lagi mendominasi pasar telepon seluler di berbagai pasar dunia. Namun akan menarik untuk kita bila mengupas bagaimana kinerja dan langkah yang dilakukan Nokia pada saat melakukan ekspansi ke banyak negara dan menjadi market leader di banyak segmen telepon seluler. Masa kejayaan Nokia berlangsung mulai sekitar tahun 2000-an sampai dengan sekitar pertengahan dekade yang lalu. Nokia menjadi leader di industri telepon seluler dengan memiliki merek kelima tertinggi di dunia menurut Interbrand. Market share Nokia melonjak cukup tajam pada masa itu, sebagai gambaran pada tahun 1997 Nokia memiliki 19 persen market share dan pada tahun 2001 berhasil menguasai 37 persen. Pada saat yang sama berhasil mempertahankan margin dan tingkat profitabilitas yang baik dalam industri, kegagalah industri dan krisis.

Nokia 9000 Communicator

Nokia 9000 Communicator

Nokia didirikan pada tahun 1865, pada awalnya merupakan produsen pulp dan kertas. Beberapa waktu kemudian Nokia bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi. Perusahaan selalu berusaha berinovasi, desain, dan memiliki visi ke depan. Komitmen berinovasi dan investasi masa depan selalu dilakukan Nokia, dikombinasikan dengan ketangguhan operasional dan investasi besar pada merek perusahaan. Aktivitas penting lainnya adalah dengan membina semua stakeholder-nya. Perusahaan secara jelas mendefinisikan stakeholder-nya yaitu: karyawan, konsumen, supplier, pemegang saham, pemerintah, dan organisasi non pemerintah, media, dan komunitas dimana bisnis berbada dan pihak lain yang dipengaruhi oleh keberadaan Nokia.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: