Posted by: retarigan | January 26, 2016

Bahkan Produsen Komoditas pun Melayani Konsumen dengan Baik


Dow Chemical Company 01

Dow Chemical Company 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Dow Chemical Company 02

Dow Chemical Company 02

Mengenai positioning yang baik, mungkin kita dapat belajar pada Dow Chemical Company. Pada akhir 1980 an, Dow Chemical Company menggabungkan lusinan bisnis plastik yang beragam ke dalam satu unit bisnis yang kemudian bernama Dow Plastics. Langkah yang dilakukan adalah memutuskan positioning divisi barunya ini agar dapat bersaing dengan baik. Pada riset awal ditelmukan bahwa merek perusahaan berada di posisi ketiga, jauh dengan market leader seperti Dupont dan GE Plastics. Lebih jauh lagi riset juga menemukan bahwa sebenarnya pelanggan kurang puas pada pelayanan yang diberikan oleh ketiga perusahaan yang ada. Rupanya konsumen menganggap barang yang ada di pasaran sebagai komoditas sehingga perusahaan bersaing dengan harga dan ketepatan waktu pengiriman tanpa didukung pelayanan yang baik.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: