Posted by: retarigan | January 28, 2016

Hasrat FedEx untuk Menjadi Raksasa


FedEx 01

FedEx 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

FedEx 02

FedEx 02

FedEx adalah perusahaan logistik yang sangat populer di banyak negara. Sama seperti Google, FedEx menjadi kata kerja sendiri di Amerika. Federal Express mencapai kesuksesan luar biasa di tahun 1970 setelah menjadi pionir sebagai perusahaan distribusi paket dan logistik yang cepat. Setelah berhasil menguasai pasar Amerika, pertumbuhan bisnis FedEx melambat. Hal ini dikarenakan kompetitor rival FedEx yang bernama United Parcel Service menyediakan layanan serupa pada tahun 1982. Untuk produk subtitusi, industri pengiriman paket juga ditekan dengan semakin populernya faks pada saat itu. Dengan alasan ini FedEx memutuskan untuk menggapai peluang baru di luar pasar yang telah dilayani.

FedEx 03

FedEx 03

Pengiriman paket internasional telah menjadi salah satu bisnis perusahaan sejak awal tahun 1980-an. Antara tahun 1983 sampai dengan 1980-an FedEx telah melakukan lebih dari 20 akuisisi perusahaan secara internasional, mulai dari jasa kurir dan operasional truk. Namun sayangnya, rival internasional seperti DHL dan TNT memberikan perlawanan di ebeberapa pasar terutama Eropa. FedEx pun menghadapi hambatan dari pemerintah, contohnya Jepang yang memiliki kebijakan proteksi usaha pengiriman paket yang tidak membolehkan perusahaan luar negeri beroperasi di pasar dan jenis usaha yang sama. Membutuhkan waktu tiga tahun dengan negosiasi yang panjang sebelum FedEx berhasil mendapatkan izin untuk melakukan 4 pengiriman melalui pesawat dari Memphis ke Tokyo. Namun pada bulan Mei 1988, sehari sebelum pengiriman paket pertama ke Jepang, pemerintah Jepang menginformasikan kepada FedEx agar pengiriman tidak boleh melebihi 70 pounds. Hal ini menyebabkan FedEx merugi lebih dari satu juta dollar per bulan selama tahun pertama.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: