Posted by: retarigan | January 30, 2016

Belajar dari 3DO dalam Menetapkan Harga Produk


3DO 01

3DO 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

3DO 02

3DO 02

3DO, tidak banyak di antara kita yang mengenal nama ini. Namun bagi orang yang pernah bekerja di Silicon Valley, kasus ini adalah kasus legendaris yang menjadi contoh bagi banyak perusahaan terutama di dunia elektronik dan IT di dunia. Beberapa tahun yang lalu di kala industri permainan game didominasi oleh Sega dan Nintendo. 3DO diluncurkan dengan menawarkan perangkat permainan dengan teknologi tercanggih pada saat itu. Perangkat permainan ini telah menghadirkan efek 3D, satu-satunya di industri pada saat itu.

3DO 03

3DO 03

Untuk mendongkrak penjualan perangkat, 3DO mengadakan kerja sama dengan para pengembang game. Agar menarik, 3DO mengenakan biaya lisensi yang sangat rendah saat itu (sebesar 3 dollar per kaset). Perangkat ini mulai dijual pada bulan Oktober 1993, diproduksi oleh Matsushita, memakai brand Panasonic dan dijual dengan harga 699 dollar. Meskipun perusahaan berhasil mencapai kesepakatan dengan ratusan pengembang game, hanya 50 game yang tersedia pada bulan pertama saat itu. Tidak ada satu pun game yang dapat “dijagokan” seperti Sony dalam Sega ataupun Mario Bros dalam Nintendo. Perusahaan gagal mendapatkan pemacu penjualan perangkat ini.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: