Posted by: retarigan | January 31, 2016

Iklan-iklan Kontroversial Benetton


Benetton 01

Benetton 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Benetton 02

Benetton 02

Beriklan memakai tema atau sesuatu yang kontroversial memang seringkali berhasil menarik perhatian orang banyak. Iklan tersebut pun diingat oleh konsumen selama bertahun-tahun, namun seberapa besar tingkat kontroversial iklan juga memiliki beberapa batasan. Benetton Group, perusahaan pakaian dari Italia adalah salah satu contohnya. Antara tahun 1988 sampai dengan 1993, perusahaa berhasil meningkatkan penjualan dua kali lipat menjadi 2.75 triliun lira. Pada tahun 1993, perusahaan berhasil meningkatkan penjualan sebanyak 10 persen dan pendapatan bersih sebesar 13 persen.

Benetton 03

Benetton 03

Namun pada tanggal 1994, penjualan perusahaan cenderung datar, laba operasional turun sebesar 5 persen, dan marjin produk berkurang menjadi 13,9 persen pada periode 1991 sampai dengan 1993. Tingkat penjualan ini cukup mengejutkan mengingat perusahaan telah membuka toko di China, Eropa Timur, dan India. Selain itu perusahaan juga mengembangkan merek produk pada kategori baru seperti alas kaki dan kosmetik. Untuk meningkatkan peforma, Benneton memutuskan membuat produk iklan yang provokatif. “Iklan harus mengejutkan, jika tidak masyarakat tidak akan mengingatnya,” ujar Vittorio Rava selaku manajer periklanan internasional Benetton.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: