Posted by: retarigan | February 3, 2016

Keberhasilan Oriflame Menembus Pasar Eropa


Oriflame Sweden 01

Oriflame Sweden 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Oriflame Sweden 02

Oriflame Sweden 02

Mungkin bagi Anda wanita, merk Oriflame sudah tidak asing lagi. Merek ini berhasil melakukan ekspansi ke berbagai negara dalam beberapa dekade ini. Perusahaan didirikan di Swedia oleh Junas dan Robert af Jochnick dan Bengt Hellsten. Bisnis berkembang dengan baik dan pada tahun 1972, perusahaan induk bernama Oriflame International didirikan di Luxemburg, dan sepuluh tahun kemudian melakukan IPO di bursa efek London.

Oriflame Sweden 03

Oriflame Sweden 03

Perkembangan bisnis didukung oleh sistem direct selling yang baik sehingga dapat memicu cepatnya pengembangan pasar terutama di benua Eropa. Oriflame memiliki sistem direct selling terbesar di wilayah Skandinavia, Eropa Tengah, dan Timur. Di negara-negara tersebut, Oriflame dikenal tidak hanya sebatas melakukan penawaran dan penjualan produk, namun perusahaan juga membina tenaga penjualnya agar mendekati prospek konsumen dengan cara yang “halus”. Mereka dididik untuk tidak menjual dengan cara mendesak konsumen membeli produk, konsumen juga diberikan analisis kulit secara gratis sekaligus menerima nasihat personal mengenai permasalahan kulit yang dihadapi, dan setelah pembelian, penjual juga didorong memberikan pelayanan after sales secara gratis.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: