Posted by: retarigan | February 5, 2016

Kegagalan Parker di Pasar Pulpen Murah


Parker Pen 01

Parker Pen 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Parker Pen 02

Parker Pen 02

Nama Parker adalah merk pulpen terkenal di seluruh dunia. Kualitasnya tidak diragukan lagi dan menjadi pilihan utama di pasar pulpen premium. Parker membangun namanya mulai pada tahun 1888, dimana George S. Parker membuat pulpen bebas bocor yang dinamakan Parker Lucky Curve. Pada saat itu Parker berhasil berkembang dan menjadi produsen terbesar dan terkenal di industri. Beberapa produk dijual dengan harga premium dan terbukti sukses di pasaran seperti pulpen Duofold yang diluncurkan pada tahun 1921 yang dijual pada harga 7 dollar jauh lebih tinggi dari harga rata-rata pulpen saat itu yang sekitar 3 dollar. Keberhasilan ini menunjukan reputasi yang baik pada kualitas dan gaya produk dikombinasikan dengan positioning yang tepat di pasaran.

Parker Pen 03

Parker Pen 03

Parker mendominasi industri antara tahun 1940 sampai dengan 1970-an. Perusahaan bahkan berhasil melahirkan produk legendaris yang dinamakan Parker 51. Pulpen ini melahirkan tradisi dimana para siswa sekolah menengah dan sekolah tinggi menerima pulpen ini sebagai hadiah kelulusan.

Parker Pen 04

Parker Pen 04

Namun tidak semua usaha yang dilakukan perusahaan berhasil, pada tahun 1960-an Parker berusaha berkompetisi dengan segmen harga rendah di pasaran. Setelah berhasil menguasai pasar premium, Parker memiliki kepercayaan diri akan mudah menguasai pasar di kelas yang lebih bawah. Kepercayaan diri perusahaan semakin bertambah ketika hasil riset menganjurkan perusahaan untuk bermain di pasar bawah. Namun pada kenyataannya, Parker mengalami kegagalan. Setelah diselidiki, diketahui bahwa Parker sebenarnya tidak mengetahui bagaimana menjalankan bisnis untuk pasar yang berbeda.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: