Posted by: retarigan | February 7, 2016

Usaha Honda dalam Menembus Pasar Amerika


Honda 01

Honda 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Honda 02

Honda 02

Honda adalah salah satu contoh perusahaan yang berhasil melakukan ekspansi pasar ke luar negeri. Salah satu keberhasilannya adalah ekspansi ke pasar Amerika. Pada tahun 1969, Honda berhasil menjadi produsen sepeda motor terbesar di Amerika.  Namun Honda belum pernah memasarkan produk mobilnya di pasar ini. Pada masa itu, di markas besar Tokyo beberapa petinggi Honda melakukan riset dan penjajakan untuk memasuki pasar Amerika.

Honda 03

Honda 03

Rencana ini berhasil, pada tahun 1980 an Honda menjadi produsen mobil terkenal di Amerika, dan pada tahun 1989 Honda Accord menjadi mobil terlaris di Amerika pada saat itu. Hal ini cukup mengejutkan mengingat perusahaan mendongkrak penjualan dari awalnya 0 hingga dapat menjual 717.000 unit dengan cepat. Pencapaian ini adalah kombinasi dari inovasi teknologi, komitmen, perencanaan yang matang, penerapan strategi marketing dan pemasaran yang konsisten sekaligus fleksibel.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: