Posted by: retarigan | February 9, 2016

IKEA: Membuat Model Bisnis yang Sulit Ditiru


IKEA 01

IKEA 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

IKEA 02

IKEA 02

Untuk membuat terobosan dalam industri, kita dapat melihat contoh dari IKEA. Perusahaan ini didirikan di Swedia pada tahun 1943. Perusahaan membuat furnitur siap rakit, dijual di toko yang berlokasi di wilayah pinggiran. Toko dibuat dengan luas sehingga dapat menghadirkan banyak sekali pilihan produk dan juga tempat parkir bagi konsumen. Di dalam toko disediakan katalog sebagai pengganti tenaga penjual dalam menjelaskan produk. IKEA melakukan pengemasan dengan baik dan praktis yang tidak hanya mengurangi biaya pengiriman dan penyimpanan, tetapi memungkinkan pembeli mengambil sendiri barang dari toko dan memudahkan membawanya ke rumah. Dengan sistem ini, konsumen tidak perlu lama menunggu pengiriman barang dari perusahaan.

IKEA 03

IKEA 03

IKEA memiliki keunggulan dalam membuat kebijakan mengenai koordinasi dengan desain produk yang terintegrasi. Di industri, biasanya banyak pebisnis furnitur yang tidak memiliki persediaan yang banyak, memiliki toko sendiri, dan memilih katalog sebagai media utama memberikan informasi kepada konsumen. Semua kegiatan dan kebijakan saling terkait satu sama lain dan berbentuk rantai kegiatan yang menyatu. Tentu saja ada beberapa kompetitor yang berusaha meniru cara bisnis. Namun tidak ada satu pun yang berhasil meniru dengan baik. Perusahaan lain tidak dapat hanya meniru salah satu atau sebagian praktik bisnis saja karena hanya akan menambah pengeluaran tanpa ada nilai tambah yang seimbang. Sampai saat ini, sejak IKEA menjadi pionir dari strategi bisnis ini belum ada satu perusahaan pun yang dapat menyaingi keberhasilan bisnis ini.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: